Home DAERAH BI: Pariwisata Sumber Baru Pertumbuhan Ekonomi Banten

BI: Pariwisata Sumber Baru Pertumbuhan Ekonomi Banten

0
566
Hutan Mangrove Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Banten (Foto: Pesona WisataIndonesia)

SERANG BANTEN, Bisniswisata.co.id: Bank Indonesia (BI) menilai pariwisata menjadi sektor kedua di Banten, yang bisa menjadi sumber baru pertumbuhan ekonomi. Beberapa kebijakan terkait Wisata Banten dikembangkan dengan cara memanfaatkan potensi dan aset budaya setempat, seperti ikon wisata Dewi Tanjung Lesung, dan Sangiang Sira.

“Pemerintah provinsi Banten akan mengembangkan destinasi wisata berbasis pertanian dan geopark, serta wisata bahari. Banten juga mengintegrasikan dan memperkuat citra wisata serta promosi logo Pesona Indonesia dan Exciting Banten dengan penguatan konektivitas digital,” papar Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi seperti dilansir laman Tempo.co, Kamis (21/12/2017).

Rosmaya mengatakan sektor pertanian dan pariwisata dapat menjadi sumber baru pertumbuhan ekonomi Banten, karena selama ini Banten memiliki sumber kekayaan dua sektor tersebut. “Namun tidak dioptimalkan. Terutama untuk Banten Selatan, pengembangan ekonomi perlu diutamakan pada pertanian padi, jagung, dan kelapa serta industri pendukungnya,” sambungnya.

Selama ini, lanjut dia, di luar pertanian dan pariwisata, sektor industri pengolahan menopang perekonomian Banten. Kegiatan ekonomi di provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut menyumbang 4,12 persen terhadap perekonomian nasional. Sementara pertumbuhan ekonomi Banten pada kuartal III 2017 sebesar 5,62 persen.

Sembari terus mengembangkan sektor industri, Rosmaya mengatakan pemangku kepentingan di Banten saatnya menumbuhkan sektor-sektor baru pertumbuhan Banten. “Pertanian dan pariwisata menjadi pilihan karena Banten kaya akan hal itu,” ujar Rosmaya Hadi.

Sedikitnya ada 45 destinasi wisata di Banten:

# Wisata Desa Baduy

Destinasi wisata desa atau perkampungan Baduy memiliki keunikan dengan lestarikan budaya kearifan lokal. Badui di Pegunungan Kendeng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak banyak dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara. Potensi obJek wisata Badui memiliki nilai jual karena tidak terdapat di daerah lain. Masyarakat Badui masih mempertahankan adat leluhur dengan menolak kehidupan modern, seperti penerangan listrik, peralatan elektronika, maupun jalan beraspal. Bahkan, masyarakat Badui Dalam kemana pun pergi harus berjalan kaki dan tidak boleh menggunakan angkutan kendaraan.

# Gunung Krakatau

Selain letusan gunung yang teramat dahsyat, Krakatau juga terkenal karena medan yang menantang. Gunung ini sangat disukai pecinta alam hingga turis asing. Gunung yang meletus pada 1883, suara letusannya terdengar sampai Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau. Anak Krakatau timbul ke permukaan pada tahun 1928 dan termasuk dalam gunung yang aktif sampai sekarang. Walau lokasi wisata ini ada di Selat Sunda tapi sangat mudah menjangkau Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Perjalanannya ditempuh menggunakan perahu motor.

# Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi alam dengan beberapa daya tarik obyek wisata ini adalah adanya hutan tropis dataran rendah yang mempesona serta badak bercula satu. Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami dari bermacam hewan yang dilindungi. Contoh hewannya yaitu badak jawa, banteng, babi hutan, kukang, beraneka ragam burung dan primata, rusa, sampai dengan kijang. Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan perahu. Fasilitas yang ada di Ujung Kulon antara lain jaringan listrik, air, telekomunikasi yang baik, penginapan, pusat informasi, sampai dengan sarana transportasi.

# Rawa Dano

Cagar Alam Rawa Danau terkenal dengan keindahan alam, hawa sejuk dan menyegarkan. Jika ditempuh dari Jakarta, jaraknya sekitar 101 km. Di tempat wisata ini banyak terdapat rawa dan ada pula danaunya. Luas Rawa Dano sekitar 2.500 hektar. Aneka macam pepohonan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang ada di Rawa Dano setidaknya ada 250 jenis burung. Untuk sampai ke lokasi Rawa Dano dapat ditempuh lewat 3 jalur, antara lain adalah Jakarta-Serang-Padarincang-Rawa Dano, lewat jalur Serang-Anyer-Cinangka, lewat jalur Cilegon-Anyer.

# Arung Jeram Sungai Ciberang

Wisatawan yang suka petualangan menantang dan memacu adrenalin, datang di Sungai Ciberang untuk rafting atau arung jeram. Sungai ini terletak di pedalaman Banten dan tergolong masil asli (alami). Beberapa jalur pengarungan yang tersedia di lokasi ini antara lain, jalur pemula sepanjang 700 meter hingga 25 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam. Saat menyusuri sungai ini, pemandangan alam hijau dari Taman Nasional Gunung Halimun. Kita pun dapat melihat bermacam kegiatan warga saat melewati satu kampung ke kampung lainnya. Wisata yang satu ini sangat pas bagi anda penyuka wisata alam yang memacu adrenalin.

# Wisata Pulau

Ada tiga pulau yang kerap dikunjungi wisatawan. Pulau Burung, Pulau Umang dan Pulau Sangiang. Keunikan pulau Burung, tiap tahun banyak jenis burung yang berkunjung. Ada sekitar 60 jenis burung dari bermacam negara yang datang pada bulan April-Agustus. Pulau Umang terkenal dengan keindahan pantainya. Pulau ini letaknya tak jauh dari obyek wisata Tanjung Lesung. Ada sebuah resort yang memiliki sentuhan artistik alami. Pulau Sangiang adalah taman wisata laut. Wisatawan pun menjuluki Seven Wonders of Banten. Karena memang memiliki panorama alam yang memukau, pasir putih dan air laut yang jernih juga beraneka ragam tanaman khas dan pepohonan hijau yang tumbuh di pantai. Juga Pulau Sangiang ada lokasi diving dan snorkeling, serta berwisata ke Gua Kelelawar.

# Wisata Pantai

Pantai di Banten juga menjadi destinasi wisata pantai yang menarik. Ada sekitar 12 pantai antara lain Pantai Bagedur, Pantai Sarwana, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Anyer, Pantai Sambolo, Pantai Marina, Pantai Cibeureum, Pantai Marbella, Pantai jambu, Pantai Pasir Putih Florida

# Tanjung Lesung

Tanjung Lesung memiliki batuan karang dan panorama alami yang ada di Banten bernama Tanjung Lesung. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dengan bentuk karangnya yang unik. Rancangan pantai ini bernuansa khas Bali. Wisatawan lokal bahkan turis mancanegara banyak yang datang berkunjung untuk menikmati indahnya obyek wisata Tanjung Lesung. Pantai tanjung lesung terkenal dengan pantai dengan angin sedang, sehingga sangat cocok untuk melakukan olahraga baik, seperti berselancar dengan ombak yang pas. Tak hanya itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekitarnya ini menambah nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang masih asri. (Redaksibisniswisata@gmail.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here