Berwisata ke Pulau Sabira, Pulang Bawa Sertifikat

0
1237
Menara mercu suar dan dermaga apung Pulau Sebira (Foto Kompas.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Inovasi baru Dinas Pariwisata dan Budaya Kepulauan Seribu. Wisatawan yang datang berwisata ke Pulau Sabira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, sekaligus menaiki menara mercusuar dengan ketinggian 50 meter akan diberikan sertifkat Authenticity of DKI Citizen.

“Ini merupakan upaya untuk menarik wisatawan lokal, nasional, internasional agar berkunjung ke pulau Sabira. Sertifikat ini, bukti otentik kalau orang tersebut sudah berkunjung ke pulau paling terluar Provinsi DKI Jakarta,” ungkap Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Kepulauan Seribu, Irfan Guci di Jakarta, Rabu (19/08/2015).

Sebagai ikon di Pulau Sabira, menara mercusuar tersebut dinilai bagus dan menonjol dibandingkan dengan bangunan lain. “Nggak beda kalau kita pergi ke titik nol di wilayah Aceh tepatnya di Sabang,” terangnya.

Mercusuar peninggalan Belanda tahun 1869 yang diberi nama Noord Wachter tersebut dibangun pada masa Raja Willem III. Untuk mendapatkan sertifikat yang sudah ditandatangani Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo. Wisatawan dapat menghubungi kantor PTSP setempat.

Pulau Sebira merupakan pulau kecil terjauh yang dimiliki Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau yang dimanfaatkan sebagai pemukiman ini,jaraknya mencapai 100 mil kearah utara dari teluk Jakarta kini mencoba menawarkan keindahan pesona alamnya.

Pulau kecil nan indah, tenteram dan sunyi ini, letaknya jauh dari keramaian kota membuat pasir putih di sepanjang pantai masih terjaga kealamiaannya. Warga disana kebanyakan berasal dari Suku Bugis. Namun begitu, masyarakatnya terkenal sangat ramah dan memegang erat tali persaudaraan.

Pulau seluas 9 hektar dengan jumlah penduduk 506 jiwa ini memiliki pemandangan yang ekssotik, sehingga membuat kita betah berlama-lama di pulau yang terkenal dengan ikan bawal bintangnya ini.

Selain bisa mengekplor keindahan Pulau Sebira, para wisatawan pun bisa melihat keindahan bawah laut dengan bersnorkling menggunakan kapal ke tengah laut. Ikan berwarna-warni yang cantik dan terumbu karang menjadi pemandangan indah di dalam laut.

Biasanya para tour guide lokal mengabadikan gambar selama kita bersnorkling menggunakan kamera underwater (kamera anti air).Hmmm,sungguh menjadi pengalaman yang tak terlupakan.Saat senja tiba di upuk barat, para wisatawan bisa menikmati indahanya pemandangan sunset dari ketinggian 50 meter menara mercusuar peninggalan Belanda.

Saat malam tiba, para wisatawan pun bisa menikmati enaknya ikan bakar (Barbeque), sungguh nikmat, menyantap ikan ditemani dengan deburan ombak dan semilir angin sepai-sepoi yang sesekali terdengar dari kejauhan.

Untuk menuju Pulau Sebira Kelurahan Pulau Harapan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara bisa menggunakan kapal speed boat dari dermaga 6 Pelabuhan Marina Ancol Jakarta Utara. Biayanya berkisar 500.000-800.000 perorang untuk satu kali perjalanan. Adapun jarak perjalanan yang ditempuh selama 3 jam. Tertarik? (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.