Berwisata itu Penting, Kenapa?

0
919
Wisata naik gajah di Takahan Sumut (Foto: google.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: BAGI sebagian orang, berwisata itu dianggap hanya menghabiskan duit, pemborosan dan tidak membawa manfaat. Ditambah lagi, capek karena harus berjalan jauh untuk menuju lokasi wisata.

Tapi tahukah Anda bahwa berwisata itu penting, agar bisa meningkatkan gairah dalam menghadapi kehidupan. Melakukan refreshing dari kejenuhan rutinitas kerja. Juga, ada nilai banyak manfaat yang didapat. Bahkan, berwisata itu sudah menjadi lifestyle, gaya hidup masyarakat modern.

Berikut ini adalah alasan kenapa berwisata itu penting versi huffingtonpost.com

01. Melatih lagi rasa percaya diri.

Percaya atau tidak, berwisata itu bisa meningkatkan kembali rasa percaya diri terutama jika menghadapi situasi yang sifatnya tidak terduga dan tidak diinginkan. Saat situasi itu terjadi kita kita bisa berdamai dengan diri dulu kemudian kembali membangun kepercayaan untuk bisa keluar dari situasi yang tidak nyaman.

02. Menimbulkan rasa bahagia

Rasa bahagia bisa timbul saat melihat hamparan pemandangan yang indah nan eksotik. Tapi tahukah Anda jika rasa bahagia itu juga bisa menular ke orang lain apalagi saat melihat banyak wajah berubah ceria saat melihat obyek wisata meski tidak saling kenal satu sama lain.

03. Meningkatkan kedekatan keluarga

Jika pergi berwisata bersama keluarga maka ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk kembali mendekatkan diri dengan anggota keluarga terutama dengan yang jarang ketemu di kehidupan sehari-hari. Gunakan waktu untuk saling mengenali karakter dan bertukar cerita.

04. Mendapatkan teman baru

Lebih mudah mendapatkan teman baru ketika sedang traveling daripada di rumah. Ketika seseorang berada jauh dari rumah, lebih sedikit batasan yang mereka punya dan mendapatkan teman baru jadi lebih mudah. Bisa orang lokal yang sangat penasaran dari mana kita berasal, atau traveler lain yang ingin patungan biaya taksi. Melebarkan pergaulan memungkinkan kita berbicara lebih banyak, bertemu dengan orang-orang baru yang menarik dan mendapat banyak pelajaran dari mereka.

05. Detox dari media sosial

Media sosial bisa berpengaruh baik dan buruk bagi kita. Namun, lebih sehat bagi seseorang untuk istirahat dari internet sejenak. Ketika di perjalanan, kita bisa lupa dengan media sosial karena terlalu asik dengan pemandangan dan pengalaman yang kita dapatkan.

06. Akhirnya punya me time

Saat berwisata kita bisa kembali menjadi diri sendiri. Ini karena kita jadi punya waktu buat pribadi. Berwisata memberikan ruang bagi kita untuk “bernapas” sejenak untuk melepaskan diri dari kepenatan pekerjaan dan masalah.

07. Kesempatan belajar

Belajar memasak makanan Thailand maupun bahasa baru, traveling menyediakan cara bagi kita untuk terus mengembangkan wawasan. Belajar membuat otak kita terus aktif, yang menurut para psikolog, dapat meningkatkan kebahagiaan kita. Apalagi ketika kita mempelajari hal yang menyenangkan.

08. Mendapatkan tambahan vitamin D

Salah satu dari 11 alasan mengapa traveling membuat kita lebih bahagia adalah mendapatkan tambahan vitamin D. Tidak ada keraguan bahwa sinar matahari dapat memberikan efek suasana hati yang lebih baik. Sebuah penelitian mengatakan, paparan cahaya matahari yang didapat dari traveling membuat orang merasa lebih baik dan hal ini berlangsung hingga beberapa minggu setelah liburan. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.