Berbaju Perang Nias, Menkumham Yasonna Juara Busana Adat Terbaik

0
2614
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang mengenakan baju adat Nias

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Ada yang unik dalam upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2017. Uniknya karena dimeriahkan dengan penggunaan busana adat dari berbagai daerah. Bahkan, di akhir upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lima orang pemenang busana adat terbaik dan memberi mereka hadiah sepeda.

“Pemenang pertama Yasonna,” kata Jokowi menyebut nama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang mengenakan baju adat Nias. Pemenang busana terbaik berikutnya secara berurutan adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang (Baju adat Minang), Syarif Muhammad (ajudan Presiden) mengenakan baju adat Dayak Kalbar, Tri Suswati (istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian) memakai baju adat Papua, dan Agati Sulie (istri Wakil Ketua MPR Mahyudin) berpakaian adat Dayak.

“Surprise benar. Saya bisa memakai adat kebesaran, adat Nias, dan mendapat penghargaan dari Presiden. Ini kehormatan besar buat saya,” kata Yasonna setelah acara selesai.

Sebenarnya, lanjut dia, pakaian adat yang dikenakannya hari ini tidaklah lengkap. Seharusnya, dilengkapi dengan pedang, tombak, dan perisai. Sebab, pakaian adat Nias berwarna merah yang dikenakannya adalah baju perang di daerah Nias Selatan.

Politisi Partai Demokrat Indonesia Perjuangan melanjutkan pakaian adat ini, adalah pemberian dari kepala adat Nias Selatan. Ia diberi pakaian itu sebagai bentuk penghargaan dari mereka saat berkunjung ke daerah tersebut.

Mengenai hadiah sepeda dari Presiden Jokowi, Yasonna Laoly mengatakan akan menggunakannya untuk berolahraga. Menurut dia, sepeda dari Presiden ini sangat berharga dan tidak bisa dijual, sehingga ia akan menyimpannya sampai anak cucu.

Ditambahkan, penilaian dan hadiah sepeda sama sekali tidak diberi tahu sebelumnya. “Ini kehormatan besar buat saya,” katanya lagi dengan nada bangga.

Setelah hadiah sepeda yang diterimanya, Menkumham Yasonna Laoly dengan memakai baju adat Nias Selatan langsung menunggangi hadiah sepeda dari Kepala Negara itu dengan mengelilingi jalanan yang ada di Istana Merdeka. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.