Batik Chic Menerobos Kota Mode Italia

0
572
Beragam koleksi batik Chic

ROMA, Bisniswisata.co.id: Batik Chic karya disainer Novita Yunus menerobos kota mode di Italia, dengan membawa peragaan busana eco fashion dalam serangkaian pagelaran busana di beberapa kota di Italia. Desainer Italia lalu menyampaikan keinginan bekerja sama menciptakan busana batik dengan desain yang lebih tanggap pasar Italia.

“Saya bangga bisa memperkenalkan koleksi terbaru dari Batik Chic yang bertema Batik Jambi dan Eco Fashion Bumi Langit,” ujar Novita Yunus di sela sela persiapan peragaan busana Batik Chic pada acara resepsi yang diadakan KBRI Roma di hotel Parco de Principi Grand Hotel, Roma, Rabu (27/9/2017) malam.

Acara resepsi diplomatik diadakan Dubes RI di Roma Esti Andayani dihadiri lebih dari 300 undangan dari berbagai kalangan diplomatik dari negara sahabat termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Benedetto Della Vedova dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Novita Yunus, seperti dilansir laman Antara, Kamis (28/09/2017) mengatakan kehadiran Batik Chic di Itali adalah untuk yang ketiga kalinya setelah sebelumnya Batik Chic mengikuti expo yang diadakan IIndonesia Trade Promotion Center atau TPC di Milan selama dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2012 dan 2013 lalu.

Batik Chic Tour de Italia kali ini membawa empat koleksi yaitu koleksi Eco Fashion Bumi Langit merupakan pengembangan koleksi sebelumnya yang dikeluarkan di Amazon India Fashion Week di New Delhi April lalu.

Dilanjutkan, Eco Fashion Bumi Langit merupakan Koleksi terbaru menggunakan tenik merebus daun jati dengan menggunakan pewarna alam yaitu Indigo dan Mangga. Sementara padu padan Bumi Langit adalah Cape Kaftan dan outer dengan embroidery 3D dedaunan musim gugur.

Koleksi lain yang dibawakan pada Tour d Itali kali ini adalah koleksi Jambi dan Parang. Sementara Eco Fashion Bumi Langit merupakan Koleksi terbaru Novita Yunus menggunakan teknik merebus daun jati dengan menggunakan pewarna alam.

Rangkaian kegiatan Batik Chic selama di Italia diawali di Fashion Show di Reggio Emilia, kemudian pembukaan Festival Film Indonesia di Florence, dan sarasehan Batik di Wisma Indonesia Fashion Show dan Talk Show dan terakhir resepsi diplomatik yang menampilkan seluruh koleksi yang ditampilkan pragawati asal Italia, demikian ujar Novita Yunus.

Pada peragaan busana diadakan di Kastil Reggio Emilia, busana Batik Chic dibawakan peragawati profesional asal Italia memukau warga Italia di Reggio Emilia dan mengundang decak kagum dan tepuk tangan menggema di kantor Walikota San Polo D’Enza di Provinsi Reggio Emilia, Italia. Begitupun di acara resepsi diplomatik yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Diakui, batik produk khas nusantara memperoleh pengakuan global sebagai produk budaya Indonesia, bukan hanya dikenakan dalam kesempatan istimewa tetapi juga dengan desain kontemporer dan penyesuaian material yang digunakan dapat dikenakan berbagai suasana setiap musim.

Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani, menyatakan upaya promosi batik yang telah diakui sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia di Italia sebagai salah satu pusat mode dunia, diharapkan dapat memperluas jejaring desainer nasional agar semakin diakui di tataran industri mode global. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.