Batik Air & Wing Air Jajaki Terbangi Langit Timika

0
791

TIMIKA, test.test.bisniswisata.co.id: MASKAPAI penerbangan nasional Lion Air Grup menjajaki peluang untuk membuka rute penerbangan ke wilayah Timika, Provinsi Papua. Lion Air Grup berencana menugaskan dua anak perusahaannya yaitu Batik Air dan Wings Air untuk membuka penerbangan ke Timika. Saat ini hanya terdapat dua perusahaan penerbangan nasional yang menyinggahi rute Timika yaitu Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika, John Rettob mengaku perwakilan manajemen Batik Air sudah datang ke Timika, untuk mengecek berbagai persiapan seperti ground handling, penjualan tiket, kantor dan lainnya.

“Prinsipnya Pemda Mimika sangat mendukung, semakin banyak operator penerbangan yang membuka rute penerbangan langsung ke Timika. Masyarakat akan mendapat kemudahan tiket untuk bisa bepergian ke mana saja. Kalau semakin banyak operator penerbangan masuk, tentu harga tiket makin bersaing,” ujar John, di Timika, seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/3/2016).

Saat ini pihak Batik Air sedang mengurus berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat merealisasikan rencana tersebut. Apalagi perusahaan Batik Air belum lama ini mendapat sanksi dari pemerintah terkait insiden yang menimpa salah satu pesawatnya di Bandara Yogyakarta.

“Mudah-mudahan kalau semua hal itu sudah selesai maka perusahaan Batik Air bisa melaksanakan pengembangan kapasitas rute penerbangan ke Timika, apalagi rencana ini sudah diajukan sejak lama,” ujarnya.

Pihak Batik Air rencananya akan mengoperasikan dua armada pesawat untuk terbang ke Timika yaitu rute Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang-Makassar-Timika setiap hari pulang pergi dan rute Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Timika setiap hari pulang pergi.

Anak perusahaan Lion Air Grup lainnya yaitu Wing Air rencananya mulai akhir Maret atau awal April akan mengoperasikan pesawat ATR dengan rute Jayapura-Wamena-Timika setiap hari pulang pergi. Pesawat yang sama akan membuka rute penerbangan Jayapura-Wamena-Timika-Tual (Maluku Tenggara) pulang pergi selama tiga kali dalam sepekan.

“Pihak Wing Air sudah siap untuk membuka rute baru tersebut. Rencananya pesawat Wing Air nantinya akan menggunakan area parkir (apron) di sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika yang dibangun oleh pemerintah. Mereka juga akan menggunakan fasilitas terminal penumpang VIP yang sudah selesai
dibangun oleh pemerintah daerah,” jelas John. (*/A)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.