Batam – Yogyakarta, Rute Baru Garuda

0
1665


BATAM, BISNISWISATA.CO.ID:
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia milik PT Garuda Indonesia Tbk merencanakan pembukaan jalur penerbangan langsung dari Batam-Yogyakarta. Garuda menganggap Batam-Banjarmasin yang dinilai prospektif.

“Manajenem Garuda Indonesia sudah mengajukan izin. Kami tinggal menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak maskapai. Untuk slot di Hang Nadim Batam sudah tersedia,” jelas Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Sabtu (21/02/2015).

Ia mengatakan dua rute di Pulau Jawa dan Kalimantan Selatan tersebut akan dilayani dengan pesawat Boeing 737-800 NG, masing-masing satu kali setiap hari. Menurut dia, untuk rute Batam-Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar dua jam, sudah dilayani oleh maskapai Lion Air dua kali sehari, sementara untuk rute Batam-Banjarmasin hingga saat ini belum ada satupun maskapai yang melayani penerbangan langsung.

“Rencana pembukaan rute tersebut merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan layanan dari Batam setelah sebelumnya pada 19 Desember 2014 dibuka penerbangan Batam-Surabaya, Batam-Bandung dengan pesawat sejenis,” ujar dia.

Saat ini, papar dia, Garuda memiliki rute penerbangan rutin dari Batam ke Jakarta lima kali sehari, Batam-Bandung dan Surabaya satu kali perhari. Sem Kata dia, semua rute tersebut dilayani dengan Boeing 737-800 NG.

Garuda juga melayani penerbangan Batam-Medan dan Batam-Bandar Lampung masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen dengan kapasitas 96 penumpang. Sebelumnya Garuda Indonesia juga melayani penerbangan Batam-Pekanbaru dengan pesawat Bombardier namun akhirnya ditutup pada awal 2014 saat Riau diselimuti kabut tebal. “Kami berharap ini segera terealisasi agar penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam semakin ramai,” imbuh dia.

Maskapai yang sempat terbang hingga 2006, Jatayu Air juga berencana membuka penerbangan dari Batam dengan nama New Jatayu Air dengan tujuan Jakarta, Palembang, Bandung, Medan. Maskapai tersebut sudah menyiapkan satu pesawat di Hang Nadim.

“Pada 2015 kami menargetkan jumlah penumpang penerbangan tumbuh 22 persen dari total 2014 sekitar 4,8 juta orang. Sementara jumlah penerbangan tumbuh 10 persen dari 2014 yang mencapai 116 kali per hari,” tutur dia, (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.