Batam Tourism Polytechnic ( BTP) Tuan Rumah Muswil HMPI, 16-18 Maret 2017

0
1268

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Batam Tourism Polytechnic ( BTP) menjadi tuan rumah Musyawarah Wilayah ( Muswil) organisasi Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia ( HMPI) pada 16-18 Maret 2017 di Batam, kata Nur Nasution, Direktur BTP, hari ini.

“Sebagai Tuan Rumah, kami mengusung tema “The Power of Sumatra Tourism” . Pesertanya datang dari seluruh Kampus Pariwisata yang ada di Regional Sumatera termasuk anggotanya yang kuliah di BTP ujarnya.

Terbentuknya HMPI ini sebagai wadah Mahasiswa Pariwisata Indonesia untuk beraspirasi dan memberikan kontribusi kepada pengembangan pariwisata nasional. Pertama kali terbentuknya HMPI ini adalah di Bogor tepatnya di IPB dan sudah melangsungkan kongres untuk yang ke lima kalinya.

Acara tahunan yang dilakukan selama ini oleh HMPI adalah musyawarah wilayah (Muswil) untuk Regional & Kongres untuk pertemuan secara nasional. Saat Muswil maupun kongres diselenggarakan seminar kepariwisataan, musyawarah, perlombaan, serta city tour untuk mengenal daerah Pariwisata didaerah tujuan wisata yang menjadi tuan rumah.

“Anggotanya adalah seluruh kampus pariwisata yang ada di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdaftar 40 kampus pariwisata bergengsi yang ada di Indonesia,” kata Nur Nasution.

Nur Nasution, Direktur BTP, BAtam

Menurut dia, tahun lalu Muswil Regional Sumatera diadakan di Akademi Pariwisata Medan dan tahun ini akan diadakan di Batam. Harapannya dari kegiatan ini bisa memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan Kepariwisataan Indonesia.

Selain itu, Muswil juga menjadi media pemersatu generasi muda untuk saling bersinergi dan berkomitmen dalam membangun Kepariwisataan Indonesia apalagi pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata unggulan.

“Industri wisata sangat bergantung pada kualitas dari sumber daya manusianya. Oleh karena itu kampus sebagai ‘ kawah candradimuka’ harus mampu menyiapkan SDM siap pakai dalam menerapkan ilmu hospitality yang diperolehnya.

“ Kegiatan ini sebagai ajang tahunan bergengsi bagi mahasiswa pariwisata Indonesia yang dikemas secara edukatif serta inovatif sekaligus mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,” tandasnya.

Kiprah HMPI juga mempersatukan dan mempererat tali silahturahmi terhadap insan insan pariwisata yang ada terutama di wilayah Sumatera.

“ Batam Tourism Polytechnic sangat bangga menjadi tuan rumah dari kegiatan ini dan diharapkan ajang pariwisata tahunan ini dapat menjadi panutan untuk semua insan pariwisata yang ada terutama para mahasiswa pariwisata di Kepulauan Riau,” ( Hilda Ansariah Sabri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here