Batam Ditantang Serap 1,65 Juta Wisman

0
993
Pantai Sekilang Batu Besar Batam

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata menantang Dinas Pariwisata Kota Batam agar mampu menyerap 1,65 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2015. “Kota Batam diharapkan dapat menyerap kunjungan wisman 1,65 juta. Ini di atas target yang kami buat sendiri sebanyak 1,512 juta pada 2015,” kata Yusfa Hendri, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam di Batam, Rabu (21/1/2015).

Hendri optimis dengan target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata, mengingat tahun 2015 Batam memiliki dua tujuan wisata baru, yakni Destinasi Nongsa dan Funtasy Island yang diharapkan mampu menyedot kunjungan turis asing.

Selain itu, lanjut dia, menyiapkan 31 agenda pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan manca negara ke Batam sepanjang 2015. “Kami sudah menginventarisir seluruh kegiatan pemerintah dan swasta, dan hasilnya ada 31 agenda yang disusun dalam kalender tahunan,” lontarnya.

Dalam agenda itu antara lain akhir Januari 2014, diadakan pelayaran kapal layar yacht Strait Regata yang diikuti puluhan pelayar dari mancanegara. Juga acara Neptune Regata dilaksanakan pada 14-21 Februari 2014. Kegiatan itu juga diikuti puluhan pelayar manca negara yang masuk dari Singapura. “Selain itu masih ada Tour De Barelang, Tour De Kepri, Barclay Charity, Kenduri Seni Melayu, Musik Perbatasan dan lainnya,” kata dia.

Kebanyakan acara yang digelar merupakan dukungan dari swasta dan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Karena dukungan dana APBD Batam untuk pariwisata relatif kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu Rp 5 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan selain program Great Batam, Kepri juga masuk dalam empat provinsi yang menjadi perhatian Kementerian Pariwisata bersama daerah-daerah perbatasan lainnya. Batam dan daerah perbatasan lainnya dipercaya dapat menjadi mendorong kunjungan wisman ke Indonesia. “Daerah perbatasan menjadi tumpuan harapan pemerintah sebagai kontributor kunjungan wisman ke Indonesia,” katanya. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here