Banjir, Bandung Tak Dibanjiri Turis

0
802

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Banjir yang melanda kabupaten Bandung, tidak hanya berpengaruh terhadap sektor industri dan perdagangan. Namun, banjir juga menyebabkan sektor pariwisata di kabupaten Bandung menurun. Padahal saat ini adalah musim libur, mulai dari Natal, libur sekolah hingga libur tahun baru.

“Kunjungan wisatawan dikabupaten Bandung, prediksi saya terjadi penurunan. Karena banyak terjadi bencana banjir,” kata Achmad Djohara, kepala dinas pemuda, olahraga dan pariwisata kabupaten Bandung, Selasa (30/12).

Djohara menilai genangan air di sejumlah ruas jalan membuat perjalanan pengunjung jadi terhamat. Selain itu, musim penghujan kali ini membuat masyarakat kota enggan meninggalkan rumah karena takut tergenang air.

“Wisatawan yang datang kesini kan kebanyakan dari Jakarta dan kota Bandung. Mereka bukan hanya berfikir macet saja, tapi mereka juga takut saat liburan, di Jakarta terjadi banjir. Siapa yang akan mengevakuasi barang di rumah mereka. Jadi ini akan berdampak,” jelasnya.

Dibandingkan tahun lalu, lanjut Djohara, selama liburan panjang kali ini terjadi penurunan sebesar 25 persen. Tahun lalu, selama satu minggu liburan panjang akhir tahun, ada sekitar 180 ribu wisatawan yang datang ke Bandung selatan.

Meski demikian, untuk hunian-hunian hotel di Bandung sudah mulai cukup padat. Bahkan beberapa hotel sudah full book. “Kalau hotel tidak terlalu masalah, karena wisatawan bisa tinggal di kamar. Makanya sudah penuh. Kalau dilihat dari sisi jumlah ya mungkin ada penurunan,” tambahnya.****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.