Bandung Berambisi Jadi Destinsi MICE

0
570

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Pariwisata Bandung memang lebih dikenal dan populer sebagai destinasi wisata belanja, kuliner, sejarah, alam dan Museum, namun kini Kota Bandung berambisi menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition). Ambisi ini diterapkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama turis asing.

“Potensi destinasi MICE sudah tersedia. Dan selama ini sudah berjalan, hanya perlu meningkatkan saja. Karenanya, kita berusaha menawarkan wisata MICE supaya weekday maupun hari biasa wisatawannya banyak juga,” kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Selain itu, Kota Bandung didukung beragam fasilitas seperti hotel dan gedung pertemuan yang memiliki standar internasional. Sehingga dapat digunakan untuk menggelar kegiatan skala nasional maupum internasional, tambahnya.

Saat ini, sambung Dewi, Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE. “Dan peluang ini sangat bagus, apalagi wisatawan MICE untuk menggelar acara bisa berwisata di Bandung yang destinasinya sangat beragam,” sambungnya.

Menurutnya, setiap akhir pekan, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang. “Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak,” kata dia kepada awak media di Bandung.

Dewi mengakui belum maksimalnya penanganan wisata MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan MICE, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

“Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel di Bandung agar destinasi MICE bisa berkembang lebih baik,” harapnya.

Disbudpar Kota Bandung akan pertemukan seller dan buyer. “Ke depannya akan menjadi agenda rutin dan saya mohon dukungan juga dari pihak hotel,” tambahnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.