Bandara Matahora Wakatobi Diperpanjang

0
918
Bandara Matahora Wakatobi (foto: Kompas.com)

WANGIWANGI, SULTRA, test.test.bisniswisata.co.id: Kementerian Perhubungan segera memperpanjang landasan pacu bandara Matahora , Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan pariwisata Wakatobi. Landasan pacu diperpanjang menjadi 2.500 meter dan lebar 45 meter sehingga bisa menampung pesawat berbadan besar.

“Sebagai salah satu dari 10 daerah destinasi wisata unggulan Indonesia, Wakatobi membutuhkan berbagai sarana penunjang, salah satunya fasilitas bandara. Dan saya bersyukur pemerintah pusat memperhatikan dengan memperpanjang bandara,” ungkap Bupati Wakatobi, Hugua, di Wangiwangi, Sultra Selasa (01/12/2015).

Menurut dia, Kementerian Perhubungan memperpanjang landasan pacu bandara Matahora tersebut mengantisipasi membludaknya jumlah wisatawan masuk ke Indonesia termasuk Wakatobi setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan bebas visa masuk ke Indonesia bagi warga dari 90 negara. Kebijakan pemerintah tersebut, dapat dipastikan akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia, termasuk ke Wakatobi.

“Nah, Wakatobi sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, harus menangkap peluang itu, dengan mempersiapkan fasilitas pendukung pariwisata termasuk bandara Matahora. Sehingga pesawat berbadan lebar dengan penumpang lyang lebih banyak dapat masuk dengan mudah ke Wakatobi,” katanya.

Menurut dia, kebijakan pemerintah membebaskan visa bagi warga negara dari 90 negara masuk Indonesia, merupakan peluang sekaligus tantangan bagi daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia. Wakatobi sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan Indonesia, kata dia, bertekad akan merebut para wisatawan dari 90 negera tersebut untuk berkunjung atau berlibur di daerah yang memiliki obyek wisata alam bawah laut itu.

“Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan terutama dari negara-negara yang bebas visa masuk Indonesia, maka mulai sekarang kami membenahi segala fasilitas pendukung pariwisata, terutama hotel, restoran, bandara, pelabuhan marina dan dermaga pelabuhan kapal pesiar (cruise),” katanya.

Dengan memperpanjang landasan pacu bandara Matahora dari 2.000 meter menjadi 2.500 meter dan lebar 45 meter, maka pesawat berbadan lebar jenis boeing sudah bisa mendarat di Wakatobi. “Kita harapkan, setelah landasan pacu bandara Matahora selesai diperpanjang, sudah ada maskapai penerbangan yang melayani rute Wakatobi – Bali atau Wakatobi Manado dengan menggunakan pesawat jenis Boeing,” tambahnya.

Saat ini, bandara Matahora baru dilayani pesawat Wings Air dengan kapasitas 72 kursi setiap hari dan Avia Star berkapasitas 12 kursi satu kali seminggu,” katanya seperti dilansir dari laman antaranews. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.