ASEAN DESA WISATA DESTINASI INTERNATIONAL

Bà Rịa–Vũng Tàu, Provinsi Paling Menarik di Vietnam

VIETNAM, bisniswisata.co.id : Dengan garis pantai sepanjang 300 km dan beragam medan dari sungai, gunung hingga laut dan mata air panas, bersama dengan banyak situs bersejarah nasional khusus, Ba Ria – Vung Tau memiliki kondisi yang sangat menarik untuk pariwisata rekreasi kelas atas yang dikombinasikan dengan wisata wisata dan olahraga.

Dilansir dari en.vietnamplus.vn, Lokasi provinsi di wilayah tenggara, berbatasan dengan banyak pusat ekonomi selatan seperti Kota Ho Chi Minh, Provinsi Dong Nai dan Binh Thuan, juga merupakan keuntungan bagi Ba Ria – Vung Tau untuk menarik pengunjung domestik dan internasional.

Dalam periode 11 bulan dari Januari hingga November tahun ini, Ba Ria – Vung Tau menyambut sekitar 12 juta pengunjung, setara dengan hampir 350% dari rencana tahunan dan naik 248% dari periode yang sama tahun lalu, menurut Departemen Pariwisata provinsi.

Hasil yang luar biasa disebabkan oleh upaya provinsi untuk meningkatkan dan mendiversifikasi produk dan layanan pariwisatanya.

Selama beberapa tahun terakhir, Ba Ria – Vung Tau telah berinvestasi di banyak properti pariwisata rekreasi kelas atas, yang telah membantu provinsi ini menarik wisatawan domestik dan internasional.

Beberapa contohnya adalah Morito Beach Ho Tram, Ixora Ho Tram by Fusion, Hyatt Regency Ho Tram Resort & Spa, Binh Chau Hot Spring Resort, dan Coastar Estates Ho Tram.

Selain akomodasi mewah, perusahaan wisata dan layanan lokal telah mengembangkan berbagai layanan hiburan, rekreasi, masakan, dan perawatan kesehatan untuk menciptakan nilai tambah bagi perjalanan liburan pengunjung ke Ba Ria – Vung Tau.

Misalnya, selama liburan Hari Nasional pada bulan September, sebuah gala musik yang disebut Let’s Charm Fest diadakan di Charm Resort Ho Tram, dan jalan layanan komersial Hamptons Plaza Ho Tram diresmikan.

Tempat ini menawarkan layanan berstandar internasional dan Dermaga Hamptons, dermaga pertama di Vietnam dan terpanjang di Asia. Acara-acara itu menciptakan kejutan yang menyenangkan bagi pengunjung dan menambah kegembiraan untuk masa inap mereka.

Seorang perwakilan dari Marina Bay Resort& Spa bintang lima di kota Vung Tau mengatakan fasilitas ini menarik pengunjung, terutama mereka yang bepergian dengan keluarga, selama liburan atau di akhir pekan, karena terletak di jalan Tran Phu, jalan paling romantis di kota yang membentang di antara gunung dan pantai yang indah.

Selain itu, resor ini menawarkan berbagai layanan eksperimental seperti kegiatan yang dirancang untuk membantu pengguna bersantai, atau makan malam romantis. Paket layanan juga disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis pengunjung.

Vung Tau saat ini memiliki lebih dari 1.200 perusahaan akomodasi pariwisata, termasuk 14 yang mewah. Selama dua tahun terakhir, jenis akomodasi baru telah muncul, seperti kondotel, vila wisata, dan homestay.

Setiap tahun, kota Vung Tau melayani sekitar 6 juta pengunjung yang datang untuk tujuan jalan-jalan atau rekreasi.

Phan Trong Hanh, kepala Biro Informasi Budaya kota Vung Tau, mengatakan Vung Tau telah dianugerahi gelar ASEAN Clean Tourist City dua kali oleh ASEAN Tourism Forum.

Kota ini telah secara efektif menerapkan kriteria yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, kebersihan, otoritas dan kesadaran masyarakat tentang perlindungan dan kebersihan lingkungan, ruang hijau, perawatan kesehatan dan keselamatan perkotaan bagi wisatawan, infrastruktur pariwisata, dan fasilitas pertemuan.

Untuk terus menjaga gelar ASEAN Clean Tourist City dan menjaga lingkungan pariwisata yang beradab, aman dan menarik, Vung Tau memperhatikan pengelolaan pemandangan alam seperti pantai, hutan di pegunungan, hutan mangrove, dan sungai yang melayani pariwisata.

Kota ini sangat mementingkan pekerjaan perlindungan lingkungan melalui pengurangan sampah plastik, melindungi dan merawat tanaman hijau, meningkatkan kesadaran tentang lingkungan, menjaga lingkungan pariwisata yang sehat, memastikan keamanan dan keselamatan bagi penduduk lokal dan pengunjung.

Sambil melakukan investasi dalam infrastruktur, transportasi, dan fasilitas lainnya menuju berkelanjutan dan mengubah Vung Tau menjadi kota pariwisata yang cerdas serta kota yang layak hidup.

Fajar Ariffadila