AVPA Buka Pendaftaran Lomba Kopi Gourmet International di Paris

0
139

Para penerima penghargaan AVPA Juni lalu untuk komoditi teh 

PARIS, bisniswisata.co.id: Menjelang akhir tahun ini Agency for the Valorization of Agricultural Products ( AVPA) yang berpusat di Paris, Perancis kembali menyelenggarakan International Gourmet Competition for Coffee Roasted in Their Country of Origin, kata Annelis Putri, Country Manager AVPA France untuk Indonesia, hari ini.

“Kompetisi bergengsi ini diadakan langsung di Paris selama bulan September sampai Oktober 2018 bertujuan untuk membantu produk-produk kopi yang sudah di-roasted di negara produsen asal seperti Indonesia, agar lebih mudah diterima dan masuk di pasar Eropa,” jelasnya.

Menurut Anelis putri, acara ini juga merupakan ajang Diplomasi Kopi dunia karena mempertemukan berbagai produsen kopi dunia. AVPA bertujuan membantu meningkatkan nilai tambah produk-produk jadi pertanian dari negara-negara produsen. Juga membantu memasarkan produk tersebut pada tingkat nasional dan internasional

Agency for the Valorization of Agricultural Products ( AVPA) sendiri ada di Paris, Prancis yang merupakan negara acuan gastronomi dunia yang programnya mendapat dukungan dari Kemendag RI dalam mempromosikan produk teh dan kopi Indonesia di Eropa.

Kemendag RI, kata Anelis Putri, menghimbau agar para produsen kopi Indonesia mengikuti kompetisi AVPA International Gourmet Competition for Coffee Roasted in Their Country of Origin pada September mendatang.

Hal inimenyusul prestasi teh Indonesia memenangkan penghargaan Gourmet di Paris bulan Juni lalu. Oleh karen itu kini saatnya kopi Indonesia ikuti International Gourmet Competition – Coffee Roasted in Their Country of Origin by AVPA France, di Paris september mendatang.

“Pada tanggal 10 Juli lalu, nama Indonesia kembali diharumkan di Perancis berkat produk teh PT. Bukitsari yang menerima sertifikat penghargaan “AVPA Gourmet Product 2018” untuk kategori Black Tea,” ungkapnya.

Sertifikat yang diberikan oleh (AVPA France ini bertujuan untuk memberi penghargaan kepada produk-produk pertanian yang memiliki kualitas gourmet dan memiliki potensial untuk bersaing di pasar Eropa.

Penghargaan ini diterima langsung oleh  perwakilan PT. Bukitsari, Duta Besar Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hotmangaradja M. P. Pandjaitan dan Atase perdagangan RI di Paris.  Teh hitam yang ditanam Cianjur berhasil meraih ‘AVPA Gourmet Product 2018’ Prancis berkat aroma dan rasanya yang unik mengalahkan beragam teh hitam di dunia.

Balck Tea atau Teh Hitam produksi PT Bulitsari ikut serta dalam kompetisi International AVPA kategori ‘Teas’s of The World’ diikuti oleh 113 peserta dari 15 negara.

Produk teh yang dipertandingkan dibagi dalam sembilan kategori. Green tea, White tea, Oolong Clear, Darjeeling, Oolong Moyen, Oolong Oriental Beauty, Oolong Dark, Black Tea, dan No Category

“Black Tea yang dibawa oleh PT Bukitsari seakan-akan membawa kami dalam sebuah perjalanan yang panjang berkat aroma spicy dan aroma kayunya. Teksturnya pun kuat, tanpa mendominasi keseluruhan rasanya yang original,” kata Anelis Putri mengutip ketua kompetisi Gourmet ‘Tea’s of The World’, Laurent Pascault dari AVPA mewakili para juri.

Proses penjurian berlangsung ketat. Selain teh, juga ada kopi yang ikut dalam kompetisi dan produk-produk yang diberikan sertifikasi merupakan produk teh yang sudah diolah di negara asal sehingga lebih mahal nilai jualnya.

Sebagai Country Manager AVPA France untuk Indonesia, Annelis Putri, mengharapkan bahwa akan semakin banyak produk-produk dipasarkan di dalam dan luar negeri dengan harga bagus, karena telah mendapatkan pengakuan dari Paris.





LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.