Australia Sebar Pedoman Wisata bagi Wisatawan Muslim

0
2123
The Wave Rock di Perth Australia

AUSTRALIA, test.test.bisniswisata.co.id: Tourism Australia memperkenalkan sekaligus menyebarkan pedoman wisata terbaru untuk menarik dan meningkatkan pengalaman berwisata bagi wisatawan muslim, terutama wisatawan dari Asia Tenggara. Muslim Travel Guide to Australia berfokus pada kebutuhan para wisatawan muslim dalam menemukan tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi, berbelanja, menikmati pengalaman kuliner, dan beribadah.

Berjudul “Explore Australia from Unique Wildlife to Urban Wonders”, pedoman ini memamerkan panorama Australia yang unik dan beraneka ragam, yang membahas delapan negara bagian dan wilayahnya, dengan budaya, populasi, iklim, geografi, dan sejarahnya masing-masing.

Berisi 68 halaman dan tersedia dalam bahasa Inggris, buku pedoman ini disusun oleh Tourism Australia dan HalalTrip. Pedoman ini kini sedang didistribusikan ke berbagai agen perjalanan dan rekanan terkait, dan dapat juga diunduh di www.australia.com dan www.halaltrip.com.

Dewasa ini, pangsa pasar perjalanan untuk wisatawan muslim adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan paling pesat, diperkirakan bernilai sebesar 200
miliar dolar Australia pada skala global pada 2020, dan Australia sangat tertarik untuk memanfaatkan kedekatan hubungan dan posisi geografisnya terhadap Asia Tenggara.

Michael Newcombe, regional general manager Tourism Australia untuk kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Liga Arab, mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan HalalTrip yang merupakan agen terkemuka khusus menawarkan perjalanan halal, dalam menghasilkan sebuah pedoman berisi informasi-informasi yang dirancang khusus bagi wisatawan muslim.

Australia yang beranekaragam, yang menjadi rumah bagi pendatang dengan berbagai macam budaya dari seluruh dunia, membuatnya menjadi negara yang berwarna. Lebih dari 850,000 wisatawan dari Malaysia, Indonesia dan Singapura telah berkunjung ke Australia hingga Juni 2015 ini.

“Berangkat dari pemahaman ini, kami mengakui bahwa wisatawan muslim merupakan bagian dari segmen pasar wisata terbesar untuk negara-negara diatas, dan
pedoman ini akan membantu mereka untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama liburan mereka di Australia,” ungkap dia dalam siaran persnya yang diterima redaksi di Jakarta, Rabu (09/09/2015).

Menurut Newcombie, selain berisi anjuran dan saran pengalaman liburan terbaik di berbagai wilayah di Australia, pedoman ini juga penuh dengan informasi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh wisatawan muslim.

Pedoman ini memberikan informasi tempat-tempat menarik dan pengalaman-pengalaman yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan, dan mencakup delapan negara
bagian dan wilayah wilayah ibu kota Australia (Australian Capital Territory), New South Wales, wilayah utara (Northern Territory), Queensland, Tasmania, Victoria, wilayah barat Australia (Western Australia), dan wilayah selatan Australia (South Australia).

Pedoman ini juga memberikan informasi mengenai masjid-masjid dan tempat ibadah terdekat di tiap-tiap negara bagian, dan daftar restoran halal terbaik di area tersebut, termasuk tempat-tempat makan Turki, Asia Selatan, dan Timur Tengah, yang mana mereka juga telah mendapatkan peringkat terpercaya dari CrescentRating.

Fazal Bahardeen, CEO HalalTrip, menyatakan, Australia masih merupakan tujuan berwisata yang menarik bagi wisatawan muslim di regional ini karena Australia menawarkan begitu banyak pilihan yang unik dan berbeda, terutama dalam hal alam dan satwa liar, bentang alam perkotaan, dan kebudayaan yang beranekaragam.

“Kami merasa bahagia karena sudah menjalankan peran kami dalam kerja sama dengan Tourism Australia, untuk ikut menyusun pedoman ini, yang diharapkan dapat menjadi sumber informasi utama untuk memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Australia,” ujar dia. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.