Asita Papua Jajaki Destinasi Wisata Baru

0
614
wisata Hiu Paus di Nabire Papua

JAYAPURA, test.test.bisniswisata.co.id: Association of The Indonesian Tours And Travel (Asita) Provinsi Papua tengah berupaya mendorong pembukaan destinasi wisata baru, yang dianggap memiliki potensi untuk menarik wisatawan asing maupun lokal di masa datang.

“Papua memang perlu mengembangkan destinasi wisata baru, agar wisatawan tak bosan dan punya pilihan untuk kunjungi papua. Asita Kini tengah menjajaki objek wisata baru di Membramo Raya dan Nabire,” ujar Ketua Terpilih Asita Provinsi Papua Iwanta Parangin-angin, di Jayapura, Minggu (11/9).

Di Membramo, sambung dia, Asita menilai keaslian budaya masyarakat, juga satwa yang tergolong langka, dapat menjadi nilai jual untuk mengundang wisatawan. Sementara, Nabire yang bias ditawarkan wisata Hiu Paus yang sebenarnya kini sudah menjadi salah satu objek wisata favorit bagi pengunjung yang datang ke daerah tersebut.

“Kita bicara dengan Dinas Pariwisata Nabire, travel lokal belum ada yang menjual paket tur, kebanyakan dari luar. Kami minta mencocokkan waktu supaya kami bisa melihat potensi di lapangan dulu, baru kita buat paket turnya,” kata dia.

Iwanta yang biasa di sapa Gantang, menjelaskan, beberapa objek wisata yang selama ini menjadi tujuan bagi wisatawan, khususnya wisatawan asing, sudah mulai ditinggalkan karena beberapa alasan.

“Asmat hampir 10 tahun belakangan agak berkurang karena budayanya sudah agak hilang. Anak mudanya sekarang sudah tidak mau membuat ukiran. Jadi, kalau kita mau mencari ukiran untuk tamu, kita harus naik sampai daerah Sorohim, kalau dulu di daerah Pantai Kaswari,” ujarnya lagi.

Selain itu, ia menyebut, beberapa pantai yang ada di Kabupaten Jayapura memiliki potensi wisata yang bagus karena panorama alamnya yang cantik. Hanya belum terbukanya akses transportasi darat, membuat hal tersebut belum bisa dioptimalkan untuk memajukan perekonomian daerah. (*/AN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here