Asita NTT Dorong Pengembangan Wisata Hijau

0
595
Pantai Kolbano Kupang butuh penghijauan (Foto: http://fotowisata.com/)

KUPANG, bisniswisata.co.id: Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai mengembangkan wisata hijau (green tourism) dengan memanfaatkan kawasan wisata bunga flamboyan (delonix regia) sebagai destinasi kunjungan wisatawan di Kupang.

“Untuk tujuan wisata hijau itu maka Asita NTT telah menjadikan kawasan Jalan Herman Johannes sebagai kawasan khusus wisata flamboyan dengan mulai membudidaya bunga flamboyan atau pohon sepe itu,” kata Ketua Asita NTT, Abed Frans, di Kupang, Ahad (8/1/2017).

Dilanjutkan, wisata hijau itu penting dan menarik untuk dikembangkan untuk tetap menjaga ekosistem dan keseimbangan kehidupan antara alam dan manusia, selain akan juga berdampak pada keindahan daerah ini.

Asita, kata dia, memiliki komitmen itu dan sudah mulai menanam sedikitnya 200 pohon flamboyan di sepanjanag ruas Jalan Herman Johannes, untuk memperkuat kuantitas tanaman yang biasa berbunga di akhir Oktober hingga akhir Desember tiap tahun itu.

“Dengan bantuan bibit dari Lembaga Pengbangan dan penelitian Universitas Nusa Cendana Kupang kita sudah lakukan penanaman bertepatan dengan HUT Asita ke 46 pada Santu 7 Januari 2017 kemarin,” katanya.

Abed mengaku gagasan dan semangat Asita itu mendapat dukungan penuh dari pemerintah yang dalam hal ini Dinas Pariwisata NTT serta sejumlah elemen lainnya termasuk masyarakat.

“Saat penanaman 200 anakan kemarin juga melibatkan pihak Dinas Pariwisata, TNI AL, mitra kerja lainnya seperti PT Angkasa Pura dan juga pihak airline. Ini bukti dukungan upaya pengembangan kawasan wisata flamvoyan itu,” katanya seperti diunduh laman Antara.

Setidaknya, kata Albert, dukungan para pihak itu akan memberikan motivasi dan komitmen secara bersama menjadikan flamboyan sebagai ikon dan kekhasan wisata di Kota Kupang dan sekitarnya. “Kalau di Jepang ada keunikan bunga sakura maka kita di Kota Kupang ada bunga flamboyan,” katanya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.