ASITA: Menteri Pariwisata Mampu Kembangkan Pariwisata

0
631
Menteri Pariwisata Arief Yahya

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Asosiasi industri biro perjalanan wisata yang tergabung dalam Asita menilai Arief Yahya yang mendapatkan amanat sebagai Menteri Pariwisata Kabinet Kerja 2014-2019, mampu mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Alasannya, karena jabatan Menteri Pariwisata dipangku oleh tokoh profesional.

“Bukan dari partai, kami berharap beliau akan cepat beradaptasi dengan para pelaku industri. Karena pariwisata itu jelas perlu masukan dari pelaku-pelaku industri pariwisata seluruh indonesia,” papar Ketua Asita Chapter DIY Yogyakarta Edwin Ismedi Himna.

Menurut dia, Arief harus mendapat masukan dari para pemangku kepentingan atau stakeholder terutama dari para pengelola destinasi favorit dan destinasi yang akan berkembang menjadi gate internasional.

“Target 20 juta wisman dalam lima tahun itu perlu kerja keras dan beliau harus didukung oleh pelaku. Beliau harus mengubah konsep dari yang lalu terlalu birokrasi. Ini saatnya beliau menunjukkan sinergisitas yang sebenarnya dengan pelaku, dan melibatkan pelaku di setiap event promosi di luar negeri,” katanya seperti diunduh laman Antara, Senin 27/10/2014).

Ia menyarankan agar Menteri Pariwisata yang baru harus kuat membangun brand destinasi wisata Indonesia di luar negeri.
“Asita berharap tokoh profesional yang selama ini akrab dengan sektor IT akan mampu membangun sektor pariwisata berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berkembang,” sambungnya.

Presiden Jokowi punya alasan sendiri mengapa menunjuk CEO PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjadi Menteri Pariwisata. Pasalnya, Arief adalah sosok yang mumpuni di bidang pemasaran. “Arief Yahya adalah seorang profesional. Beliau juga penerima anugerah Marketer of the year 2013,” jelas Presiden Jokowi pada saat mengumumkan Kabinet Kerja di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta.

Arief Yahya lahir di Banyuwangi, 2 Maret 1961. Ia menjabat sebagai CEO Telkom Indonesia sejak 11 Mei 2012, menggantikan posisi Rinaldi Firmansyah. Arief merupakan lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) dan gelar Master bidang Software and Telecommunications dari University of Surrey, Inggris.

Nama Arief Yahya sebelumnya sempat disebut-sebut akan mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) karena ia memiliki pengetahuan tentang information communication technology ( ICT). Namun ternyata Arief justru ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata karena keahlian pemasarannya, juga pariwisata akan masuk dunia IT yang selama ini kurang mendapat perhatian serius. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here