Asap Berangsur Menghilang, Bandara Jambi Sepi Penumpang

0
1534

JAMBI, test.test.bisniswisata.co.id: MESKI kabut asap mulai menghilang, sayang aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi masih sepi penumpang, dikarenakan maskapai masih menunda jadwal operasional armadanya di bandara tersebut. Buktinya, Jumat (30/10/2015), Bandara STS hanya terlihat beberapa orang petugas bandara dan tidak terlihat pesawat yang parkir hingga pukul 7.00 WIB.

Petugas Bandara STS Jambi menyebutkan hanya ada satu penerbangan pada Kamis (29/10) petang, setelah beberapa pekan sebelumnya operasional bandara lumpuh karena kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kemarin LionAir Jakarta-Jambi yang mendarat, sementara informasi hari ini (Jumat, 30/10) juga hanya satu penerbangan yakni Lion Air yang dijadwalkan berangkat ke Jakarta (Soekarno-Hatta)

Branch Manager LionAir Area Jambi, Mardanus, sebelumnya menjelaskan maskapai yang landing pada Kamis sore itu adalah LionAir dengan nomor penerbangan JT 608. “Meskipun sempat delay, hari ini (Kamis) maskapai LionAir mendarat dari Jakarta menuju Jambi pada pukul 18.15 WIB,” kata dia seperti diunduh laman Antara.

Otoritas Bandara STS Jambi menyebutkan, jarak pandang minimal untuk pendaratan pesawat yakni 2.300 meter dan pasca diguyur hujan cuaca di bandara Jambi cenderung cerah dan jarak pandang membaik.

“Jarak pandang terus membaik dan hari ini satu maskapai yakni LionAir juga dijadwalkan bisa mendarat di STS Jambi pada petang hari nanti,” kata Kepala Operasional Bandara STS Jambi, Parolan Simanjuntak.

Diakuinya, semenjak musim kabut asap yang menyelimuti wilayah itu sejak tiga bulan lamanya, sejumlah maskapai diantaranya Garuda, NamAir dan CitiLink, LionAir telah mengajukan pembatalan terlebih dahulu.

“Karena kabut asap ini sejumlah maskapai membatalkan penerbangan hingga tanggal 31 Oktober, sementara LionAir menyisakan satu jadwal penerbangan hingga jarak pandang membaik,” katanya.

Ia merincikan diantaranya maskapai Garuda yang telah lebih dulu membatalkan penerbangan rute dari dan menuju Jambi dari tanggal 20-30 Oktober. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.