Arab Saudi Bangun Hotel Terbesar di Dunia

0
3419

MAKKAH, test.test.bisniswisata.co.id: Arab Saudi tengah membangun hotel terbesar di dunia. Hotel diberi nama Abraj Kudai atau Menara Kudai, seluas 1,4 juta meter persegi dan mempunyai 12 tower dengan ketinggian hingga 44 lantai dengan 10.000 kamar di Makkah Al-Mukarrahmah. Hotel ini didesain perusahaan desain ternama Dar Al Handasah.

Mengingat Tiap tahunnya Mekah dikunjungi oleh sekitar 15 juta umat Muslim yang melakukan ibadah haji. Pembangunan hotel sudah dimulai dan diperkirakan akan selesai pada 2017 dengan investasi lebih dari Rp 46 triliun rupiah. Abraj Kudai juga memiliki 70 restoran, pusat perbelanjaan, ruang sholat dan beberapa helipad dan beberapa lantai khusus untuk bangsawan.

Sebanyak 10 tower memiliki kelas bintang empat dan dua tower kelas bintang lima. Wilayah hotel akan memiliki luas sekitar 60.000 meter persegi dan memilki fasilitas lengkap mulaid ari terminal bus hingga jasa-jasa terkait melakukan ibadah haji di Ka’bah.

Saat ini, rekor hotel terbesar di dunia masih dipegang oleh The Ventian dan The Palazzo di Las Vegas, AS. Kedua hotel ini memiliki 8.000 lebih kamar dan 36 lantai. Demikian dilansir laman DailyMail, Jumat (22/05/2015). ([email protected])

Sementara itu jam raksasa (yang kini bertengger di sekitar Masjidil Haram tepatnya di Gedung Zamzam Tower) dengan sebutan “Jam Makkah Al-Mukarramah” merupakan yang tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 600 meter. Desain luar hotel mengikuti desain klasik khas padang pasir berbentuk benteng gurun tradisional.

Tender desain bagian dalam hotel dimenangkan oleh Perusahaan “Areen Hospitality”, sebuah perusahaan asal Inggris yang bermarkas di London, mengalahkan perusahaan lainnya. Menurut Kementrian Keuangan Arab Saudi, pembangunan hotel akan dilakukan oleh perusahaan raksasa Arab Saudi “Bin Laden” ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.