Antar Wisatawan, Kapal Predator Terbakar di Perairan Kepulauan Seribu

0
476

KEPULAUAN SERIBU, Bisniswisata.co.id: Nasib nahas menimpa kapal predator atau carteran Zevolution 9 Princessa Debble. Saat mengangkut wisatawan menyeberang ke Pulau Resort, Pulau Ayer, Pulau Putri, Pulau Pelangi dan Pulau Macan Kepulauan Seribu Utara, terbakar di perairan Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Kamis (27/4/2017).

Akibat kejadian memilukan ini, seorang wisatawan bernama JAP Onny Najian mengalami luka bakar serius, sementara Ke-19 penumpang dan tiga awak kapal berhasil diselematkan.

Kuswara, petugas posko pemadam kabakaran Jakarta Utara, mengatakan kebakaran terjadi sekira pukul 08:00. Kapal berangkat dari dermaga 17 Marina Ancol menuju pulau wisata. “Kapal mengangkut penumpang yang akan ke Pulau Resort. Sepertinya wisatawan yang mau jalan-jalan,” papar Kuswara.

Namun saat berlayar ke Pulau Resort di Kepulauan Seribu Utara, tiba-tiba kapal dilalap si Jago Merah. Para wisatawan lokal itu pun panik. Untungnya kebakaran ini ditanggapi secara cepat dan serius petugas patroli Ditpol Air Polda Metro Jaya dibantu nelayan.

Para penumpang dan tiga ABK (Anak Buah Kapal) yakni Antoni (nakhoda), Bragi (anak buah kapal) dan Gunawan (anak buah kapal), berhasil diselamatkan dan hanya seorang wisatawan yang mengalami luka bakar serius atas nama JAP Onny Najoan dan kini mendapat perawatan di RS Atmajaya Pluit Penjaringa.

Sedangkan 19 penumpang dan awak kapal dibawa ke Ditpolair Polda Metro Jaya di Pondok Dayung Tanjung Priok. “Petugas kami sudah mengevakuasi penumang dan kru kapal, semuanya selamat. Kondisi kapal itu sudah hangus. Anggota akan melakukan olah TKP,” kata Dirpolair Polda Metro Jaya, Kombes Iwan Rachmansyah.

Menurutnya, kebakaran terjadi sekira pukul:08.15. Kapal milik David tersebut berangkat dari dermaga 17 Marina Ancol menuju pulau wisata. Apalagi jalur tempat kapal itu terbakar termasuk jalur sibuk. Karenanya, saat muncul api banyak kapal nelayan mendekat untuk memberi pertolongan.

“Kebetulan juga ada kapal Ditpol Air Polda Metro Jaya Patroli sehingga penumpang bisa cepat dievakuasi sebelum api besar. Kebakaran kapal ini masih belum diketahi penyebabnya dan masih dalam penyelidikan polisi,” paparnya.

Setelah berhasil menyelamatkan penumpang dan ABK, kapal carteran ini sudah berhasil dipadamkan termasuk pendingan namun saat ditarik langsung tenggelam. (*/day)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here