Anies Bawesdan : Gaya kepemimpinan merakyat dibutuhkan

0
991
Anis Bawesdan dan para pimpinan Rotary Club Jakarta Menteng

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Bocoran apa yang diberikan Anies Baswesdan , Deputi Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla, pada para pengusaha dan CEO saat menghadiri ulangtahun ke 34 Rotary Club Jakarta Menteng?. Anggota organisasi kemanusiaan internasional itu diharapkan merangkul masyarakat akar rumput.

Tidak ada bocoran tentang bagaimana pemerintahan mendatang karena sekarang jaman transparan. Presiden mendatang, Joko Widodo yang suka blusukan di berbagai kesempatan menekankan pentingnya kesederhanaan. Jadi para petinggi Rotary Club juga bisa mengikuti gaya kepemimpinan yang blusukan dan rangkullah masyarakat terdekat dimana Anda tinggal,” ungkap Anies.

Berbicara saat menjadi pembicara utama di ulang tahun Rotary Club Jakarta Menteng (RCJM), Kamis, yang sekaligus pertemuan gabungan club Rotary dari Menteng, Cinere, Gambir, Bekasi dan Tangerang, Anies mengatakan memahami persoalan dalam komunitas dimana kita berada sangatlah penting.

Jangan makin kaya maka makin tinggi tembok rumah kita, tapi sebaliknya justru harus berbaur dan lebih memahami persoalan masyarakat akar rumput di sekitar kita. Saya yakin sebagai bagian dari masyarakat papan atas di Indonesia, Rotary Club mampu merangkul masyarakat dan berkontribusi dalam hal investasi sumber daya manusia,”

Menurut dia, jika tahun 2030 Indonesia diprediksi berada di rangking ke tujuh perekonomian dunia atau di posisi ke empat tahun 2050 maka masalah pendidikan dan kesehatan harus menjadi prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Anies mencontohkan dari 5,6 juta lulusan sekolah dasar di Indonesia maka yang bisa mencapai pendidikan tinggi hingga di bangku kuliah hanya sekitar 1 juta orang sehingga jika masalah pendidikan ini tidak di prioritaskan maka prediksi RI sebagai salah satu macan ekonomi Asia tidak akan tercapai.

Kalau ekonomi kuat dan SDM lemah kan tidak bisa maju karena itu sejak dulu saya berkeyakinan bahwa kekayaan sebuah bangsa adalah manusianya, bukan sumber daya alamnya.Kontribusi Rotary Club di sektor pendidikan akan membantu meningkatnya kualitas SDM kita,” tambahnya.

Itulah sebabnya pemerintahan Jokowi-JK, tambahnya memprioritaskan pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia, masalah  kesehatan dan juga aturan hukum sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Kalau Presidennya suka blusukan dan menekankan kesederhanaan sebaiknya hal itu juga menjadi bagian dari gaya hidup pejabat, eksekutif dan lainnya, kata Anies sambil menambahkan komunitas masyarakat yang peduli dan peka pada lingkungannya akan menunjang program pemerintah.

“Mari kita memberdayakan diri dan juga orang lain. Kalau dulu senangnya menyalahkan pemerintah maka di era kepemimpinan baru ini marilah kita bekerjasama dan hidupkan kembali pelayanan-pelayanan masyarakat mulai dari kegiatan seperti posyandu,” kata Anies.

Susanna Hartawan, President RCJM 2014-2015 mengatakan organisasi yang dipimpinnya memang fokus ke bidang pendidikan dan pelayanan pada masyarakat dan dengan mengusung tema Light Up Rotary , Elevate to the Next Level, pihaknya optimistis anggota Rotary International yang disebut Rotarian akan lebih giat membantu pemerintah mengatasi masalah-masalah kemanusian. (hildasabri@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here