Anggaran Kementrian Pariwisata Dipangkas Rp1,2 Triliun

0
559
WISATA MAKAM TANA TORAJA (foto: http://metrobali.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku anggaran kementrian Pariwisata dipangkas hingga mencapai Rp 1,2 triliun. Pemotongan APBN 2016 ini akan mengubah strategi kerja dengan sebuah harapan agar target kementerian tetap tercapai.

“Perubahan strategi itu berupa pengalihan bobot kerja. Sisi penjualan (selling) akan mendapat bobot yang lebih dibandingkan branding dan advertising,” papar Menteri Arief saat rapat kordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Gedung BPPT I, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/08/2016).

Dijelaskan, komposisi sebelumnya branding 50 persen, advertising 20 dan selling 30 persen, kini diubah menjadi 20:30:50 persen. “Langkah ini untuk mengejar target 12 juta wisatawan mancanegara tahun 2016,” ungkapnya.

Arief menjelaskan Indonesia tengah menuju kepada pengelolaan industri pariwisata sesuai dengan best practice, yang memunculkan branding sebagai senjata utama. “Branding itu memunculkan investasi. Karena itu, kita ubah strategi, lebih banyak bobotnya branding advertising selling, sehingga targetnya tidak akan menganggu kinerja yang ada selama ini,” ucap dia.

Selain itu, Kemenpar akan memperbesar bobot untuk menjual produk asli daerah-daerah wisata. “Jadi akan lebih banyak dipenjualan destinasi wisata di daerah-daerah yang memiliki potensi luar biasa,” sambungnya tanpa menyebut daerah yang berpotensi untuk dijual.

Aggaran Kementerian Pariwisata di APBN 2016 adalah Rp 5,4 triliun, dan kini setelah pemotongan tersisa Rp 4,2 triliun. Selain itu dari target 12 juta kunjungan wisman ke Indonesia, sekitar 5,3 juta tercatat sudah datang ke Indonesia sampai Juni 2016. Pemerintah akan memangkas anggaran hingga Rp 133,8 triliun. Anggaran belanja kementerian dan lembaga akan dipotong Rp 65 triliun. Transfer dana ke daerah turut dipangkas sebesar Rp 68,8 triliun.
(ndy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.