American Airlines Tertarik Akuisisi Saham China Southern Airlines

0
318
American Airlines

SHANGHAI, Bisniswisata.co.id: China Southern Airlines, maskapai penerbangan China tengah melakukan pembicaraan dengan maskapai asal Amerika Serikat, American Airlines, terkait rencana perjanjian jual beli saham. Langkah itu seiring target kedua maskapai untuk menggenjot rute penerbangan dua maskapai di dua negara.

Seperti dilansir Kantor Berita Reuters, Senin (27/03/2017), jika kesepakatan ini tercapai maka American Airlines menjadi maskapai asal AS kedua yang memiliki saham di maskapai Cina. Sebelumnya maskapai AS lainnya, Delta Air Lines mengakuisisi 3,55 persen saham China Eastern Airlines senilai US$ 450 juta (Rp 5,9 triliun) pada 2015.

China Southern Airlines merupakan maskapai terbesar di Cina berdasarkan jumlah penumpang. Manajemen perusahaan menyatakan selain rencana kerja sama jual beli saham, kedua perusahaan juga berpeluang berkerja sama di bidang lain. Namun rencana itu masih harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dan pemerintah.

Harga saham China Southern yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong tercatat naik 5,3 persen pada pembukaan Senin pagi, sementara perdagangan di Bursa Saham Cina masih disuspensi.

Perundingan antar dua maskapai tersebut bermula ketika Pemerintah Cina berjanji memajukan maskapai penerbangannya. Pemerintah Cina mengimplementasi kebijakan privatisasi atas badan usaha milik negara dengan membuka kerja sama modal dan investasi guna mencapai target daya saing dan investasi.

Analis pada BOCOM International, Geoffrey Cheng, menilai kerja sama kedua maskapai adalah opsi terbaik bagi kedua perusahaan guna menawarkan jumlah penerbangan lebih banyak ke konsumen. Upaya ini untuk menyikapi kurangnya jumlah slot penerbangan yang tersedia. Jual beli saham antara kedua perusahaan juga akan memperkuat kerja sama kedua perusahaan.

“Langkah rasional adalah sebagaimana yang sudah dilakukan Delta dan China Eastern. Dengan kerja sama itu, maka kedua maskapai akan memiliki akses untuk membuka rute-rute penerbangan tambahan di kota-kota tier kedua di Cina dan Amerika Serikat,” ungkapnya. (*/REU)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.