Demi Tour de Singkarak, Payakumbuh bakal Bangun Hotel

0
1797

PAYAKUMBUH, test.test.bisniswisata.co.id: Rute etape V Tour de Singkarak 2015 yang finishnya di Payakumbuh, Sumatera Barat menyisihkan keinginan kota Payakumbuh sebagai tuan rumah pembukaan kejuaraan balap sepada bertaraf internasional ini. Sayangnya keterbatasan infrastruktur hotel menjadi ganjalan ambisi itu.

“Terus terang, kami ingin jadi tuan rumah pembukaan Tour de Singkarak. Untuk mengesampingkan ganjalan itu, kami berencana membangun hotel baru bintang empat di kawasan Ngalau Indah. Tanah sudah kami siapkan, tunggu ketukan palu DPRD Payakumbuh untuk menyetujui anggaran pembangunan hotel,” papar Rizal Palefi, Walikota Payakumbuh kepada test.test.bisniswisata.co.id disela-sela acara Tour de Singkarak 2015 di Payakumbuh.

Tapi jika ada investor yang ingin membangun hotel, sambung dia, Pemerintah kota Payakumbuh membuka tangan untuk kerjasama. “Memang keberadaan hotel ini memiliki nilai strategis dan sangat menguntungkan bagi Payakumbuh,” jelasnya.

Mengingat selama ini, lanjut Rizal, wisatawan yang datang ke Payakumbuh selalu menginap di Bukitinggi yang memiliki hotel berbintang. “Jika wisatawan menginap di Buktitinggi, yang dapat keuntungan adalah Bukittinggi dan kita tidak dapat apa-apa. Nah, kondisi seperti ini yang akan kita rubah,” ucapnya.

Walikota Rizal merencanakan tahun 2016, hotel mewah sudah mulai dibangun sehingga tahun 2017 sudah dapat beroperasi dan bisa menampung peserta Tour de Singkarak. “Soal berapa besar anggaran yang diajukan bangun hotel, saat ini masih dalam taraf studi kelayakannya. Nanti pasti kita umumkan. Tapi jika ada investor, ya dapat mengurangi beban kita,” sambungnya.

Selain rencana membangun hotel berbintang, Payakumbuh ingin membangun lapangan terbang sendiri. Sehingga wisatawan memiliki aksebilitas yang cepat, aman, nyaman berwisata ke Payakumbuh. “Kan selama ini wisatawan datang melalui bandara di Padang, dan untuk berwisata ke Payakumbuh butuh perjalanan yang lama, juga tempat menginapnya di daerah lain sehingga Payakumbuh tidak mendapat apa-apa,” jelas Rizal serius.

Sapta Nirwandar, Chairman Tour de Singkarak menilai ada rencana Payakumbuh ikut biding sebagai tuan rumah pembukaan Tourde Singkarak. Sayangnya, infrastruktur, terutama hotel di Payakumbuh masih payah. Belum ada hotel yang representatif untuk menyambut peserta Tour de Singkarak yang total jumlahnya bisa mencapai 800 orang asing dan warga negera Indonesia.

“Jadi butuh kamar minimal 500 kamar lebih. Saat ini hotel di Payakumbuh hanya mampu menampung dalam jumlah yang kecil, juga akomodasi tak layak dihuni wisatawan asing. Jadi kendala di kota ya cuma satu belum ada akomodasi yang memadai,” kata mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dilanjutkan, jika Payakumbuh tak bisa atau kesulitan membangun hotel baru, ada pilihan lain untuk Wali Kota Payakumbuh, yakni Payakumbuh harus bekerja sama dengan Kota Bukittinggi yang akomodasinya dinilai sudah baik. “Bangun hotel atau bergabung dengan Bukittinggi. Acaranya di sini, tapi tamunya menginap di Bukittinggi,” lontarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Syahnadel Khaeri mengakui sejak Payakumbuh menjadi tempat finish Tour de Singkarak, ada kemajuan tingkat kunjungan wisatawan nusantara (wisnus). Tahun 2014, jumlah wisatawan sebanyak 3.000 orang. Dari jumlah ini 8 persennya adalah wisatawan mancanegara.

“Jumlah ini meningkat hampir 100 persen dibandingkan tahun 2013 yang hanya didatangi cuma 1000 – 1500 orang. Target kami tahun 2015, tidak muluk-muluk hanya 3.500 orang. Dan Pendapatan Asli Daerah Payakumbuh dari pariwisata mencapai Rp750 juta, jumlah ini memang dirasakan sangat kecil karena kondisi infrastruktur, terutama hotel,” ungkapnya.

Padahal dari sisi destinasi wisata, Payakumbuh tidak mau ketinggalan dibandingkan daerah lainnya. Payakumbuh memiliki wisata alam, agro wisata, wisata budaya dan kuliner. Seperti Ngalau Indah, merupakan salah satu objek wisata populer Sumatera Barat, karena ada goa alam, kolam renang, hutan yang masih hijau. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.