Album Ed Sheeran Cetak Rekor Terlaris di Inggris

0
462
Ed Sheeran

LONDON, bisniswisata.co.id: Penyanyi solo Ed Sheeran mencetak rekor berkat album barunya Divide (÷), pada Jumat (10/3). Album yang dirilis pada 3 Maret lalu itu menjadi album milik penyanyi solo pria terlaris di Inggris, dengan jumlah 672.000 kopi di pekan pertama rilisnya.

Angka fantastis itu berada di urutan ke-tiga setelah album 25 milik Adele (800.000) dan Be Here Now milik Oasis (696.000) di pekan pertama rilis. Raihannya itu 62 persen kopi dari album fisik, 26 persen dari unduhan, dan 12 persen dari penjualan streaming.

“Wow! pekan yang fenomenal. Untuk setiap orang yang telah membeli album, terima kasih,” ujar Sheeran seperti dilansir The Independent.

Rekornya itu diikuti capaian lainnya, yakni penjualan album vinyl terbesar dalam 20 tahun terakhir. Tidak hanya membuat rekor atas album, penyanyi penulis lagu berusia 26 tahun itu juga mencatatkan sembilan lagunya masuk dalam tangga lagu top 10.

Rekor sebelumnya dipegang Calvin Harris yang juga berhasil membuat sembilan lagunya dari album 18 Months masuk dalam tangga lagu yang sama.

Ambisi Sheeran akan album ke-tiganya ini, setelah + (2011) dan x (2014), cukup besar. Ia merilis dua single bersamaan Shape of You dan Castle on the Hill pada 6 Januari lalu. Tak lama kemudian diikuti dengan video musiknya yang bercerita dan menarik untuk disimak.

Aksinya yang memanfaatkan laman video YouTube juga membuahkan hasil. Sheeran juga mencetak sejarah ketika semua video audio, lirik dan musik dari albumnya itu ditonton dengan total lebih dari 1 miliar kali.

Raihan itu jika dikumpulkan dari video musik Shape of You, Castle on the Hill, video lirik dari keduanya serta video audio dari 14 lagu yang ia rilis dalam dua bulan terakhir.

Lyor Cohen, Global Head of Music YouTube mengucapkan selamat pada Sheeran atas apa yang ia capai. Disebutkannya, akun milik penyanyi asal Inggris itu juga bertambah tiga juta subscribers dalam dua bulan terakhir.

‘Ed Sheeran salah satu bintang besar dan album barunya merupakan yang terbaik sejauh ini,” ujar Cohen dalam pernyatannya seperti dilansir Billboard.

Lewat akun di laman YouTube miliknya, Sheeran membagi video audio dari album ke-tiganya itu yakni Save Myself, Nancy Mulligan, Bibia Be Ye Ye, Barcelona, Supermarket, How Would You Feel (Paean), What Do I Know?, Hearts Dont Break Round Here, New Man, Happier, Galway Girl, Perfect, Dive dan Eraser. (*/cio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.