AKUMINDO Siap Serap 500 Ribu Ton Lelang Gula Rafinasi

0
523

Ikhsan Ingratubun, Ketua Akumindo

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun siap mengikuti lelang gula rafinasi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan menyerap sedikitnya 500 ribu ton gula untuk kepentingan UMKM.

“Alhamdulilah kami sudah sampaikan kesanggupan Akumindo sebelum Hari Raya Idulfitri lalu di Kantor Wantimpres. Sebagai Ketum Akumindo sangat siap untuk mengikuti lelang gula untuk UMKM dan telah mempersiapkan dana berapapun yang dibutuhkan terkait lelang gula ini, “ ujarnya hari ini.

Menurut Ikhsan Ingratubun, dengan adanya sistem lelang ini, kalangan usaha, khususnya UMKM akan mendapat kepastian memperoleh gula. Pasalnya, selama ini, pelaku UMKM sering tidak mendapat pasokan gula rafinasi yang memang diperuntukkan bagi keperluan industri.

Alih-alih memenuhi kebutuhan industri, gula rafinasi ini justru lebih banyak rembes ke pasar tradisional dan malah dijual dalam bentuk gula konsumsi akibat sistem pengadaan gula rafinasi yang masih lemah selama ini.

Dengan adanya sistem lelang saat ini, maka pengadaan gula rafinasi lebih transparan dan setiap pengusaha memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh gula rafinasi ini. Seharusnya, kata dia, program pemerintah tersebut didukung oleh semua pihak.

Ikhsan mengapresiasi langkah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang mengatakan skema lelang gula kristal rafinasi bertujuan memberikan akses yang sama antara pelaku usaha kecil dan industri besar.

Dia melihat usaha skala kecil mendapatkan bahan baku gula dengan harga lebih tinggi, sedangkan industri besar mendapatkan dengan harga lebih murah. Untuk itu pelaksanaan lelang juga melalui proses pasar lelang elektronik.

“Jadi Kemendag menerapkan transaksi jual beli gula kristal rafinasi secara online dan real time dengan metode Permintaan Beli (Bid) dan Penawaran Jual (Offer). Adapun, volume penjualan atau pembelian mulai sebanyak satu ton, lima ton, dan 25 ton. Kami siap beli sampai 500 ribu ton lebih,” kata Ikhsan.

Melalui Surat Keputusan Menteri Perdagangan No. 684/M-DAG/KEP/5/2017 tentang Penetapan Penyelenggara Pasar Lelang Gula Kristal Rafinasi, Kemendag menunjuk PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) sebagai penyelenggara pasar lelang gula kristal rafinasi perdana itu.

Mekanisme lelang akan memberikan dampak positif bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menggunakan sekitar 30 persen dari produksi gula kristal rafinasi.

“ Melalui mekanisme pasar lelang, jalur distribusi akan diotong dan pelaku UKM bisa mendapatkan akses bahan baku langsung dari penjual dengan harga pasti dan transparan,” tegas Ikhsan Ingratubun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.