Aksi Mogok Awak British Airways Ditangguhkan

0
417
British Airways (Foto: Boston Herald)

LONDON, bisniswisata.co.id: Pemogokan yang direncanakan oleh awak kabin British Airways telah ditangguhkan, demikian menurut serikat pekerja Unite. Sebelumnya, awak kabin British Airways yang berbasis di Bandara Heathrow berencana menggelar aksi mogok di hari Natal dan hari Boxing secara berturut-turut terkait tuntutan gaji dan kondisi kerja.

Aksi yang didukung oleh serikat pekerja Unite melibatkan 4.500 staf yang terikat kontrak pada armada campuran yang bergabung di maskapai BA sejak tahun 2010.

Unite mengatakan mereka dibayar lebih rendah dari staf lain dan gaji yang dibayarkan oleh BA dianggap tidak sesuai dengan ketentuan. Pembicaraan di layanan konsiliasi Acas telah menggriring pada opsi penawaran revisi yang akan diajukan ke pemungutan suara anggota serikat. British Airways mengatakan pihaknya menyambut baik langkah tersebut.

“Kami saat ini memiliki tawaran baru dari perusahaan yang akan kita ajukan kepada anggota kami. Pemogokan selama Natal dan hari Boxing kini ditangguhkan,” kata Sekjen Unite Len McCluskey seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Minggu (25/12/2016).

“Ini akan menjadi pilihan bagi anggota kami untuk memutuskan apakah British Airways telah berbuat cukup untuk memenuhi keinginan mereka.”

Dengan adanya rencana aksi pemogokan yang melibatkan kereta api, kantor pos, penerbangan, dan petugas bagasi, serikat pekerja telah dituduh mengkoordinasikan aksi industrial. Namun Len McCluskey telah membantah tuduhan tersebut.

Unite berpendapat bahwa gaji bagi mereka yang terikat kontrak pada armada campuran diiklankan antara £21.000 dan £25.000, namun pada kenyataannya mereka hanya dibayar mulai dari £12.000 ditambah dengan £3 per jam saat penerbangan.

Unite sebelumnya mengatakan bahwa setengah dari staf armada campuran telah mengambil pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan. Beberapa dari mereka bahkan harus tidur di mobil, karena tidak mampu membeli bensin untuk pulang. (*/BBC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.