Akses Jalan Destinasi Wisata Samosir Diperlebar

0
1089
Obyek wisata di Samosir (foto: http://medan.panduanwisata.id)

SAMOSIR, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Pusat memprogramkan pelebaran ruas jalan nasional di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), pada 2016, untuk mendukung kawasan Danau Toba sebagai tujuan wisata.

“Panjangnya 164 kilometer (km). Bicara soal anggaran, nanti dulu. Yang pasti, pembangunan jalan ini paling utama direalisasikan,” kata anggota DPR RI, Sahat Silaban, di Samosir, Selasa (4/8).

Politisi Partai Nasdem menjelaskan, kunjungan reses Komisi V DPR RI ke kabupaten ini, Senin (3/8) untuk melihat langsung infrastruktur jalan yang akan diperbaiki pada 2016.

“Perbaikan akses hubungan darat pendukung kepariwisataan di kawasan strategis ini diprioritaskan, karena berkategori jalan nasional,” ungkapnya seperti diunduh laman beritasatu.com.

Dalam kunjungan reses ini, Komisi V didampingi perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahahan Rakyat (Kempupera) dan Kementerian Perhubungan (Kemhub).

Bupati Samosir, Mangindar Simbolon memaparkan, potensi kabupaten ini, khususnya Jembatan Tano Ponggol yang dibangun adalah merupakan penghubung antardaerah melalui jalur darat. “Pada 2008, terusan (Jembatan Tano Ponggol) dikeruk dan diperlebar. Sementara untuk relokasi rumah penduduk tuntas tahun 2014,” kata Bupati.

Pelebaran jalan utama jalur darat ini, katanya, dilaksanakan secara bertahap, dan bagian sebelah kiri menjadi prioritas perbaikan pemerintah daerah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.