Ajang Olahraga Ironman 70.3 Digelar di Bintan

0
927
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, Pariwisata Mancanegara, I gede Pitana (Tengah)

BINTAN, Bisniswisata.co.id: Ajang olahraga manusia super Ironman 70.30, akan digelar besok pagi di Plaza Lagoi Bay, Pulau Bintan, Minggu (23/8/15).

Hilir mudik pengunjung Plaza Lagoi  Bay, Bintan yang lebih tampak didominai wisatawan (Wisman) dan anak-anak yang menjadi peserta olahraga lari dengan mengenakan kaos IronKids terlihat meramaikan kegiatan Ironman.

Tak hanya itu ratusan sepeda balap yang telah diberi label nomor peserta pun terlihat berbaris di parkiran yang telah disediakan pihak panitia.

“Kami siap untuk meramaikan ajang Ironman dengan lari 1,5 Km,” ujar kakak beradik Mutia (10 tahun) dan Eka (8 tahun) saat ditemui Bisniswisata.co.id di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (22/8/15).

Tahun ini menurutnya yang pertama kali mereka ikuti karena Ironkids baru ada di tahun ini.

Selain kegiatan Ironkids, terliat aktiviitas para peserta Ironman melakukan registrasi dengan melalui empat tahapan.

Nama besar juara Ironman pria dan wanita, Timo Bracht dan Gina Crawford terlihat pada papan registrasi (participan list 2015).

IMG-20150823-WA0001

Pada event tersebut sebanyak 800 atlit berlomba bersama dengan juara profesional sesuai kelompok umur yang bervariasi untuk memperebutkan babak kualifikasi bagi 40 peserta untuk dapat mengikuti kejuaraan  dunia 70.3 pada September 2016 di Smunshine Coast, Australia.

Ajang olahraga Triathlon Ironman yang tak digelar di semua negara di dunia ini memperlombakan olahraga jarak jauh yang terdiri dari tiga bagian, yakni renang, sepeda, dan lari.

Perebutan tempat pada Ironman 70.3 Bintan ini merupakan salah satu kesempatan untuk memenangkan sebuah tiket emas menuju Kejuaraan Dunia yang dijadwalkan pada September tahun yang akan datang.

Timo Bracht yang berkebangsaan Jerman telah meraih 6 kali juara pada Ironman, 10 besar pada perlombaan di Kona dan mendapat Gelar Roth dalam catatan rekornya akan menghadapi kompetisi ketat untuk berusaha membawa pulang hadiah utama yaitu uang sebesar 5,000 US$ dan 750 poin bagi gelar atlit profesional untuk masuk babak kualifikasi kejuaraan dunia tahun 2016.

Nama besar atlit lainnya yang juga akan memperebutkan tempat adalah dua juara Olimpiade berkebangsaan Australia , Brad Kahlefeldt dan Sweden’s Fredrik Croneborg.

“Ironman merupakan sport tourism yang sangat terkenal di seluruh dunia dan semakin lama pesertanya semakin baik dari kalangan atas,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gede Pitana saat jumpa pers Ironman di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (22/8/15).

Ia mengatakan, “Dengan jumlah peserta 800, kalau dilihat dari jangka pendek kita sudah kedatangan 800 atlit pkus munhkin ada 800 pasangannya plus penonton dari berbagai negara”.

“Dari laporan yang ada pada event ini peserta Ironman berasal dari 45 negara, artinya kegiatan ini akan mempunyai dampak publikasi yang luar biasa di berbagai negata yang tentunya akan memposisikan Bintan dalam pariwisata dunia,” ungkapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama PJ Head of Bintan Region, Drs H Doli Boniara, MSi, mengatakaan, “Bintan dipercaya untuk pertama kalinya dalam penyelenggaraan ajang Ironman tingkat dunia, berharap bisa diselenggarakan tiap tahun”.

Provinsi Kepri menurutnya akan mendukung lagi ajang tersebut tentunya dengan dukungam masyarakat dan stakeholder untuk segala aktivitas kepariwisataan.

“Sehingga dengan begitu akan tumbuh pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here