Air Laut Surut, Tanah Lot Diserbu Wisatawan untuk Selfie

0
1226
Tanah Lot Bali Diserbu wisatawan

TABANAN, test.test.bisniswisata.co.id: Selama sepekan terakhir gelombang laut di wilayah perairan Bali selatan terbilang tinggi. Larangan agar wisatawan tidak berenang pun diberlakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, sejak Sabtu (11/6/2016) kondisi gelombang laut perlahan mulai surut, meskipun belum kembali normal sepenuhnya tapi besarnya gelombang tidak terlalu membahayakan.

Situasi itu dimanfaatkan sejumlah wisatawan dengan menyerbu obyek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Selain menyaksikan pemandangan, dan gelombang laut juga dimanfaatkan untuk berfoto selfie di depan pura yang berada di tepi pantai itu.

Seorang penjaga pantai di kawasan Tanah Lot, I Wayan Keprut mengatakan sejak dua hari lalu wisatawan sudah diizinkan memasuki kawasan pantai di depan Pura Luhur Tanah Lot, tapi masih diberikan pembatas karena gelombang laut belum sepenuhnya surut. “Sejak Sabtu kami buka, sebelumnya sekitar tiga hari kami tutup karena gelombang besar,” ujar Wayan seperti dikutip laman Kompas.com, Senin (13/06/2016).

Laki-laki yang telah bekerja sebagai penjaga pantai selama tujuh tahun terakhir itu menerangkan, air laut surut sejak pagi sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00. Selanjutnya kembali meninggi dan sekitar pukul 14.00 gelombang kembali surut hingga pukul 20.00. “Saat area pantai di depan pura dibuka banyak wisatawan yang turun untuk berfoto, tapi kami berikan batasan area berfoto karena sewaktu-waktu bisa ada gelombang besar,” ujar Wayan.

Untuk pengamanan, petugas penjaga pantai di DTW Tanah Lot melakukan pantauan di tiga lokasi yakni, kawasan Njung Galuh, Pura Batu Bolong dan kawasan pantai di depan Pura Luhur Tanah Lot. “Jika di kawasan pantai di Pura Luhur Tanah Lot, pagi disiagakan dua petugas dan sore empat orang ketika air surut,” tambah Wayan. (*/KMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here