Air France Nyaris Hantam Gunung

0
798

PARIS, test.test.bisniswisata.co.id: Maskapai Air France membuka penyelidikan atas insiden salah satu penerbangannya bernomor AF953 yang hampir menabrak Gunung Cameroon di Afrika Tengah pada awal Mei.

Menurut penyidik, AF953 terbang dari Malabo Ibu Kota Guinea menuju Doula kota terbesar di Kamerun pada 2 Mei. Dalam perjalanan, sekitar pukul 21.00 waktu setempat pesawat dihadang cuaca buruk dan harus menghindar. Namun jalur baru tersebut justru tepat mengarah pada Gunung Api Cameroon yang memiliki ketinggian 4.040 meter.

Sensor otomatis kemudian berbunyi dan pilot pesawat langsung menaikkan ketinggian pesawat dari 2.743 meter ke 3.962 meter.
Demikian laporan resmi yang dilansir BBC, Selasa (26/05/2015)

Penyidik tidak menjelaskan seberapa dekat jarak antara pesawat dengan gunung tersebut dan bagaimana pesawat menghindari gunung. Namun penyidikan internal sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab insiden. Dalam protokoler penerbangan, insiden yang termasuk klasifikasi “hampir” harus diselidiki.

AF953 yang berjenis Boeing 777 akhirnya mendarat dengan selamat di Malabo sebelum bertolak ke Paris. 26 penumpangnya, tiga pilot, dan 10 awak pesawat dilaporkan selamat. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here