Agar Mendunia, Ombak Bono Digelontor Rp 174 Miliar

0
356
Wisatawan asing berselancar di Sungai Bono Kampar Riau (Foto: TripTrus)

PEKANBARU, bisniswisata.co.id: Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 174 miliar untuk membangun jalan menuju wisata ombak “Bono” di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan.

“Rp 174 miliar untuk pembangunan jalan menuju Bono,” kata Andi, sapaan akrab Gubernur Riau saat memberikan pengarahan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenmbangda) Kota Pekanbaru, seperti dilansir laman Antara, Kamis (9/3/2017).

Ombak Bono atau yang juga dijuluki “seven ghost” itu menjadi salah satu destinasi wisata andalan Provinsi Riau. Namun, untuk menuju ke lokasi wisata ombak Bono yang berjarak sekitar 185 kilometer dari Pekanbaru tersebut cukup sulit. Wisatawan harus melintasi jalan tanah selama lebih dari dua jam lamanya.

Andi mengatakan pemerintah pusat dan daerah telah memberikan perhatian cukup besar untuk pengembangan kawasan wisata ombak Bono tersebut. Hal itu dibuktikan dengan dianggarkannya Rp 170 miliar untuk pembangunan akses jalan yang bersumber dari APBN sebesar Rp 54 miliar dan APBD Provinsi Riau sebesar Rp 120 miliar.

Kemudian, Andi juga mengungkapkan dukungan pemerintah lainnya adalah dengan rencana penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bono, Pelalawan. “Menteri Pariwisata janji enam bulan akan keluarkan Kawasan Ekonomi Khusus untuk Pelalawan,” katanya.

Andi menambahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan membantu mempromosikan wisata ombak Bono ke mancanegara untuk menarik wisatawan asing. Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya telah melakukan beragam upaya untuk memperkenalkan wisata ombak Bono seperti mengundang sejumlah peselancar dunia untuk menikmati gelombang Bono. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here