9 – 16 April 2016, Sumbar Maritime Expo & Festival Budaya

0
1540

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Sumatera Barat (Sumbar) punya kalender event pariwisata yang menarik. Penyelenggaraan event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) di Kota Padang pada April mendatang melahirkan ide bagi Pemerintah Kota Padang untuk menggelar berbagai kegiatan, diantaranya adalah Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya yang berlangsung pada 9-16 April di Pantai Purus, Cimpago, Kota Padang.

Kegiatan yang akan mengisi Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya 2016 diantaranya adalah: lomba lari Padang 10K, pelepasan anak penyu, sepakbola pantai, panggung hiburan, lomba masak, festival band pelajar dan lainnya. Disamping itu, jangan lewatkan Mandeh Joy Sailing yakni pelayaran wisata menuju kawasan wisata Mandeh.

Tujuan digelarnya Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya 2016 adalah untuk merevitalisasi obyek-obyek wisata dengan cara mengangkat pelestarian seni budaya dan penguatan adat istiadat. Dalam acara ini dipaparkan juga pemahaman tentang kemaritiman sebagai bagian dari potensi industri pariwisata.

Kedua kegiatan di tengah-tengah pelaksanaan MNEK 2016 ini akan dikemas secara terpadu meibatkan Pemerintah Kota Padang, termasuk Pemkab Pesisir Selatan. Penyelenggaraannya akan meriah diikuti pelaku usaha dan juga didukung oleh masyarakat.

MNEK 2016 sendiri atau yang disebut dengan Komodo Exercise 2016 adalah kegiatan latihan TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat yang tergabung dalam anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS), Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan negara sahabat lainnya. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali. Komodo Exercise pertama kali dilaksanakan pada 29 Maret-3 April 2014 di Batam, Kepulauan Anambas dan Natuna, Kepulauan Riau.

Tahun ini Komodo Exercise mengambil tema “Kesiapsiagaan dan kerjasama untuk perdamaian” yang akan dirangkai dengan International Fleet Review (IFR) 2016, serta 15 th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) 2016. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.