8 – 18 Oktober 2016, International Folk Dance Festival (IFDF) 2016

0
883
Salah satu peserta International Folk Dance Festival (Foto: www.ido-dance.com)

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Sebanyak 13 negara mengikuti International Folk Dance Festival (IFDF) 2016 yang diselenggarakan pada 8 hingga 8 Oktober 2016 di Bali. Acara yang merupakan program dari Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini merupakan kegiatan pendukung acara utama World Culture Forum (WCF) 2016 di Nusa Dua, Bali pada 11-13 Oktober 2016.

Festival ini adalah ruang pertemuan antara kelompok atau sanggar tari rakyat dari berbagai negara dengan publik, sekaligus sebagaI pertemuan antara para pelaku seni tari. Berbagi dan bertukar pengalaman serta gagasan sekaligus membangun jaringan persahabatan yang intensif.

Indonesia menjadi tuan rumah justru tidak ikut dalam kompetisi ini karena ingin memberikan kesempatan bagi negara lain. Tapi Indonesia akan menghadirkan beberapa tarian pembukaan yang akan mendukung acara kompetisi.

IFDF 2016 merupakan kegiatan kedua setelah pada tahun 2013 diselenggarakan kegiatan festival yang sama di Jakarta, diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan khususnya dari mancanegara ke Pulau Dewata.

Beberapa rangkaian dari IFDF 2016 diawali dengan acara pembukaan di Taman Budaya (Art Center) Denpasar pada tanggal 8 Oktober 2016, Kongres Deklarasi pada tanggal 9 Oktober 2016, Parade pada tanggal 11 Oktober 2016. Juga ada pertunjukan, pemutaran film, diskusi, pameran dan Workshop pada tanggal 14 Oktober 2016. Penutupan acara IFDF 2016 di Museum Lukis Ubud pada tanggal 16 Oktober 2016.

Ajang ini, menampilkan tarian rakyat dari 13 negara juga menyuguhkan berbagai pertunjukkan dan event-event guna menarik wisatawan untuk ikut serta ambil bagian. Melalui kegiatan tersebut pihaknya mengaku akan memperlihatkan kepada dunia bahwa kekayaan kebudayaan Indonesia sangat luar biasa.

Gol dari kegiatan ini adalah kami ingin mengangkat pada dunia bahwa kebudayaan di Indonesia sangat beragam. Masing-masing mempunyai nilai dan ada hal-hal yang sangat spesifik dari nilai tersebut yang merupakan salah satu keunikan Indonesia. Sehingga kebudayaan Indonesia ini semakin dikenal di mancanegara.

Di Indonesia ini banyak mempunyai genre, seperti seni tari di setiap suku Indonesia atau daerah mempunyai tari hiburan, tari upacara, tari pergaulan sedangkan tari rakyat dari beberapa negara lain kebanyakan berupa tari pergaulan. Beberapa negara yang ikut serta dalam ajang ini sangat tertarik sekali karena menurut mereka Indonesia mempunyai tari-tarian yang tidak dipunyai oleh negara lain. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.