8-10 September 2016, Makassar International Eight Festival & Forum

0
2316

MAKASSAR, test.test.bisniswisata.co.id: Makassar punya acara menarik, sangat bagus. Makassar International Eight Festival and Forum (F8), namanya. Festival adalah panggung besar Makassar sebagai upaya menyatukan pandangan dunia internasional terhadap kota ini, digelar di Pantai Losari Makassar, 8-10 September 2016. Dengan sebuah harapan, festival ini membuat budaya Makassar bahkan Sulawesi Selatan dikenal dunia.

Pelaksanaan F8, bukan sekadar festival. Kegiatan ini dipercaya bakal menguatkan posisi Sulsel, khususnya Makassar sebagai pilar kekuatan nasional. Di tengah pertumbuhan ekonomi nasional yang sedang terpuruk, dan Makassar dianggap mampu mempertahankan eksistensi daerah.

Festival F8, sesuai namanya akan menampilkan berbagai pertunjukan dan pameran beragam budaya dan seni tradisional. Masing-masing film, fashion, makanan, bunga, mural, folks, jazz, hingga sastra, merupakan wadah untuk menyatukan potensi besar Makassar yang selama ini cenderung terpisah-pisah.

Pemerintah Kota Makassar mengundang perwakilan berbagai negara untuk ambil bagian dalam even yang pertama kali digelar ini. Hasilnya, 30 negara di dunia diperkirakan menyemarakkan festival ini. Bahkan 98 kota di Indonesia, termasuk 3 kota di Sulawesi Selatan diundang dan 11 kota se ASEAN sudah konfirmasi untuk hadir.

Hingga kini sekitar delapan belas negara termasuk kota di Indonesia menyampaikan kesediaannya berpartisipasi dalam beragam item festival. F8 akan menampilkan kekayaan budaya empat etnis besar di Sulawesi Selatan yaitu Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar.

Dalam festival ini, juga dihidangkan 0 macam menu makanan khas Makassar di semua properti Phinisi Hospitality, kecuali Grand Clarion Kendari. 10 macam menu makanan khas Makassar yaitu pisang ijo, pisang epe, jalangkote, sop saudara, konro, pallu basa, pallu mara, mie kering, coto Makassar.

Sebagai persiapan kegiatan Wali kota Makassar juga mempersiapkan 200 pelajar SMA dengan tinggi rata-rata 170 cm untuk dilatih kacapi sebagai salah satu pertunjukan menarik nantinya. Dan, setiap sore selama kegiatan berlangsung juga akan dimeriahkan atraksi kapal tempur sukhoi dari TNI angkatan udara di atas langit Losari. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.