62 Varian Durian Merah Ada di Banyuwangi

0
4280

BANYUWANGI, test.test.bisniswisata.co.id: Banyuwangi di Jawa Timur ternyata memiliki 62 varian durian merah, yang tersebar di 5 kecamatan. Dari 62 varian, baru 11 varian yang layak masuk dalam kategori internasional. Sisanya masih layak dikonsumsi karena perlu perbaikan.

“Tahun ini malah ada 3 varian yang akan kita daftarkan dari 62 varian jenis durian merah yang ada di Banyuwangi,” jelas Eko Mulyanto, Kepala Bidang Riset dan Pengembangan Forum Pemerhati Holtikultura

Eko melanjutkan, ada beberapa syarat agar masuk kategori internasional, seperti beratnya yang standar antara 1,5 sampai 2 kilogram. Tahan antara 2 sampai 3 minggu dan masih dalam baik saat di frozen.

Tahun ini, lanjut dia, produksi durian merah hanya 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya karena kondisi cuaca yang tidak mendukung. “Tahun ini hanya sekitar 800-an buah durian merah dibandingkan tahun kemarin yang mencapai 2 ribu buah. Semuanya dari pohon durian merah yang berjumlah sekitar 200 pohon yang tersebar di 5 kecamatan,” jelasnya.

Dijelaskan, dari target 15 ribu bibit yang ditanam hingga akhir tahun, sudah ada 3 ribu bibit yang dipersiapkan. Sedangkan pohon durian yang sudah ditanam sekitar 1.500 bibit. “Masa panen antara 7 sampai 12 tahun tergantung perawatan. Ke depannya Banyuwangi diharapkan menjadi pusat pengembangan dan penelitian durian merah di Indonesia,” katanya.

Selain itu, perawatan dari petani juga mempengaruhi kualitas durian merah. “Karena posisi Banyuwangi maka dibutuhkan penambahan sulfur dan dinaikkan kadar garam tanah,” tambahnya seperti dikutip laman Antara, Ahad (29/3/2015).

Sri Wijayanti Yusuf, Direktur Holtikultura Kementerian Pertanian menjelaskan varietas durian merah di Banyuwangi harus didaftarkan ke Kementrian Pertanian dan selanjutnya akan dibuat pembibitan secara formal untuk disebarkan di seluruh Indonesia.

“Ini penting untuk jangka panjang termasuk mendaftarkan indikasi geografis ke Dirjen Haki. Keuntungannya selain untuk mensejahterakan masyarakat Banyuwangi juga untuk memberikan jaminan mutu kepada konsumen. Kualitas, ketebalan daging, warna dan aromanya sama. Jadi yang membeli bibit durian merah ada standarnya. Kami siap untuk pengembangan benih juga petaninya,” kata Sri. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.