6-9 Mei 2015, International Tour de Banyuwangi Ijen 2015

0
937

BANYUWANGI, test.test.bisniswisata.co.id: International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) kembali hadir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang digelar pada 6-9 Mei 2015. Event internasional ini, memadukan lomba balap sepeda dengan pariwisata serta gaya hidup. ITdBI menampilkan stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di garis start dan finish setiap etapenya.

Lomba ini diharapkan mampu mendukung kegiatan balap sepeda ini baik yang di peruntukkan bagi atlet maupun penggemar olahraga bersepeda. Kali ini pebalap akan menempuh 4 etape dengan total panjang rute 555 km. Garis finish akan dipusatkan di Taman Blambangan.

International Tour de Banyuwangi Ijen telah berlangsung untuk yang keempat kali setelah sejak 2012. Lomba ini digelar bersama ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) yang berafiliasi dengan Persatuan Balap Sepeda International (Union Cycliste Internationale atau UCI) juga masuk kalender UCI.

Sport Tourism diikuti pembalap dari 27 negara. Beberapa negara yang akan ikut ambil bagian adalah: Prancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, China, Italia, Uzbekistan, dan Indonesia.

ITdBI juga menampilkan berbagai seni tradisi Banyuwangi di sepanjang rute, serta melibatkan komunitas seperti pesepatu roda, freestyle sepeda dan sepeda tua. ITdBI dikenal sebagai kompetisi yang menantang dengan menjelajahi kawasan lereng Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, International Tour de Banyuwangi Ijen juga melintasi atau mendekati destinasi wisata lainnya seperti Pantai Pulau Merah, dan agrotourism Kalibendo.

Selama empat hari, pebalap akan berkompetisi di dalam empat etape. Pembalap akan melalui sejumlah tanjakan di kaki Gunung Ijen, melintasi sawah dan sungai, serta melewati pedesaan yang asri sebelum menyentuh garis finish. Rute yang dilewati bukan hanya perkotaan saja tetapi juga sampai ke jalanan di pedesaan.

Kawah Ijen merupakan pesona keindahan alam Indonesia yang memukau banyak wisatawan dari berbagai negara. Di sinilah Anda dapat melihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru di malam hari. Selain menjadi tujuan wisata naik gunung, Kawah Ijen juga merupakan tempat penambangan belerang tradisional.

Untuk menuju Kawah Ijen dapat ditempuh melalui Banyuwangi menuju Licin dengan kendaraan roda dua atau empat, kemudian dilanjutkan menuju Paltuding dengan kendaraan bermotor terutama jenis jeep. Alternatif lain bisa melalui Sempol di Bondowoso kemudian dilanjutkan ke Paltuding dengan kendaraan roda empat atau dua. Rute ini lebih mudah karena kondisi jalan lebih baik. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.