6-8 Agustus 2015, Festival Mentaram

0
901

MATARAM, test.test.bisniswisata.co.id: Festival Mentaram kembali digelar. Festival akbar tentang berbagai hasil kerajinan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal digelar 6-8 Agustus 2015. Festival ini juga terbuka bagi pengarjin dari luar NTB. Bahkan kerajinan dari kerajaan dan keraton di seluruh Indonesia ikut mengambil bagian dalam festival langka ini.

Ditargetkan sekitar 2.000 orang pengrajin dari kalangan kerajaan dan keraton nusantara dan luar negeri itu, antara lain sentra kerajinan emas, perak, dan mutiara di kawasan Sekarbela dan Pagutan.

Selain itu, pusat kerajinan ukiran cukli di kawasan Sayang-Sayang, Pasar Seni Sayang-Sayang, sentra pembutan batik sasambo (sasak, samawa, mbojo) di SMKN 5 Mataram. Serta sejumlah pusat oleh-oleh hasil olahan pangan lokal yang berada pada beberapa titik di kota Mataram.

Persiapan event skala dunia sudah dilakukan untuk penataan terhadap sentra kerajinan itu akan dilakukan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Misalnya, terkait masalah kebersihan akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan. Terkait penataan drainase dan jalan akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum, begitu juga dengan penataan taman dan lalu lintas akan dikomunikasikan dengan Dinas Pertamanan dan Dinas Peruhubungan. Peningkatan kualitas hasil produksi kerajinan menjadi tanggung Dinas UKM

Selain melakukan penataan pada sentra-sentra industri, Dikoperindag juga akan melakukan penataan terhadap pusat kuliner, seperti pusat kuliner ayam Taliwang, penataan pedagang kali lima (PKL) pada sejumlah tempat terutama di Jalan Udayana, serta pada sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) yang di kota ini.

Langkah ini dilakukan agar semua masyarakat di Kota Mataram tahu bahwa Mataram sedang kedatangan ribuan tamu dari kalangan kerajaan dan keraton di seluruh Indonesia. Juga kedatangan wisatawan nusantara maupun mancanegara, sehingga masyarakat bisa memberikan dukungannya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.