6-15 November 2015, Pentas Drama Teater Koma “Inspektur Jenderal”

0
1368
Dram,a Inspektur Jenderal

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: SUKSES pentas drama pertunjukan yang diadaptasi dari kisah-kisah klasik seperti legenda Tiongkok “Sampek Engtay” dan “Opera Ular Putih”, teater Koma kembali menggelar pentas drama bertajuk “Inspektur Jenderal”, yang diambil dari naskah Rusia yang pertama dipublikasikan pada 1836.

Pentas drama “Inspektur Jendral” bakal digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru Jakarta Pusat, pada 6-15 November 2015. Tiket dibandrol mulai harga Rp75.000 hingga Rp350.000.

Teater Koma yang berdiri 38 tahun ini tetap menampilkan kisah lama ketimbang membuat cerita baru. Mengingat, naskah lama masih banyak yang bagus-bagus ceritanya. Bahkan belum banyak ditampilkan.

Selain itu, naskah klasik memiliki alur ceritanya yang masih sangat relevan dengan situasi terkini, meski ditulis ratusan tahun lalu, seperti Hamlet hingga Romeo dan Juliet. Tragedi romantika Romeo-Juliet dan Sampek-Engtay sampai sekarang masih bisa ditemui di kehidupan nyata.

Naskah klasik yang akan diangkat oleh Teater Koma berjudul “Inspektur Jendral” diadaptasi dari naskah Nikolai Gogol (1800-an) dengan judul asli Revisor, menceritakan tentang kondisi pejabat dan aparat korup di Rusia. Mirip dengan situasi Indonesia yang diwarnai korupsi.

Walikota Ananta Bura ketakutan. Ada seorang Inspektur Jenderal yang datang ke desanya dan ingin memeriksa pemerintahannya. Dia takut ketahuan korupsi. Saban hari, dari periode sebelumnya sampai sekarang sang Walikota selalu korupsi, anak buahnya pun melakukan hal yang sama.

Namun, Walikota tidak tahu di mana posisi dari Inspektur Jenderal. Ia menerka-nerka setiap orang yang masuk ke desanya, sekaligus berpikir bagaimana cara menipunya agar balik ke pusat kekerajaan. Apakah korupsi salah satu jalan keluarnya?

Sutradara Nano Riantiarno mengajak aktor kawakan seperti Budi Ros, Ratna Riantiarno, Sari Madjid, Dorias Pribadi, Emmanuel Handoyo, Supartono JW, dan Asmin Timbil. Aksi kocak Panakawan akan dibawakan oleh Daisy Lantang, Ratna Ully, Angga Yasti, dan Tuti Hartati. Aksi ini dikepalai oleh Rita Matu Mona. Tak ketinggalan para pemain lainnya yakni Bayu Darmawan, Sir Ilham Jambak, Yulius Buyung, Julung Ramadan, Dana Hassan, dan Rangga Riantiarno.

Nantinya, para pemain akan dibalut dengan keindahan kostum karya Rima Ananda Omar. Serta keindahan tata artistik dan cahaya garapan Taufan S.

Ada yang menarik dari “Inspektur Jenderal” yakni menggunakan konsep wayang Jawa dengan setting gaya Eropa. Penasaran, memang Jangan lewatkan drama klasik ini. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.