4 Maret 2016, Festival Durian Kampung Hutan Durian

0
1262


BANDARLAMPUNG, test.test.bisniswisata.co.id:
DINAS Kehutanan Lampung memprakarsai terbentuknya Kampung Hutan Durian Sumber Agung. Satu buktinya, dengan agenda festival durian. Pesta Durian ini pertama kali digelar dn akan menjadi kalender tetap tahunan, tepatnya di saat musim durian tiba. Tahun 2016, kegiatan pesta durian digelar Kanmpung Durian Sumber Agung Bandarlampung, pada Jumat (04/03/2016).

Agenda festival antara lain pasar sekaligus lelang durian, lomba durian (menampilkan durian unggul rasa dari para peserta gapoktan), makan durian (undangan makan gratis di tempat, jika bawa pulang harus membeli dari petani), serta menanam pohon durian secara simbolis.

Daerah Sumber Agung yang berada di bawah Gunung Betung dan sebagian wilayahnya masuk daerah kawasan wisata alam. Dengan digelarnya pesta durian, akan menjadikan destinasi wisata baru di provinsi Lampung. Di kawasan ini yang masuk dalam taman Hutan Rakyat, selain dikenal dengan duriannya, juga terdapat penangkaran burung dan kupu-kupu beraneka warna dan bentuk yang indah, cantik dan menakjubkan.

Sumber Agung sebagai Kampung durian, yang termasuk dalam Multi Purpose Tree Species (MPTS) serta buahnya terkenal di seluruh dunia. Apalagi Kampung durian ini merupakan representasi dari hasil hutan bukan kayu, yang dibudidayakan masyarakat di kawasan hutan. Sehingga selain hutan tetap terjaga, warga pun dapat mengambil manfaatnya, apalagi kini dibuka sebagai tempat destinasi wisata sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Lokasi Sumber Agung tidak begitu jauh, hanya sekitar 10 kilometer dari Terminal Rajabasa Lampung. Dan terbentuknya kampung durian dalam rangka meletakkan semangat membangun kemandirian ekonomi masyarakat desa, menjalankan fungsi strategis hutan sebagai fungsi ekologi, sosial dan ekonomi.

Karena itu, tujuannya festival durian ini diharpkan dapat adalah membuat warga Desa Sumber Agung yang merupakan bagian dari Tahura, menjadi salah satu ‘con’ wisata agro di Lampung. (*/e)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.