4 Gunung di Jatim Terbakar, Jalur Pendakian bagi Wisatawan Diblokir

0
790

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Lereng dan hutan empat gunung di Jawa Timur (Jatim) dilalap si jago merah. Keempat gunung itu : Gunung Lawu Magetan, Gunung Semeru Lumajang, Gunung Penanggungan Mojokerto, dan Gunung Welirang Pasuruan. Karena dianggap kondisinya belum pulih, jalur pendakian bagi wisatawan terpaksa diblokir atau ditutup sementara.

“Karena kondisinya belum baik, jalur pendakian kita harapkan ditutup dulu‎. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi kita antisipasi sejak dini dan petugas di lapangan harus menjaga secara ketat, agar wisatawan pendaki tidak nekad naik ke puncak gunung,” tegas Wakil Gubernur Saifullah yang akrab disapa Gus Ipul, usai membuka Penandatanganan Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Jawa Timur di Surabaya, Selasa (27/10/2015).

Gus Ipul mengajak semua elemen ikut mengantisipasi agar kebakaran lahan di areal pegunungan Jawa Timur tidak terus meluas. Musibah kebakaran hutan di beberapa gunung di Jawa Timur merupakan faktor alam dan akibat musim kering yang berkepanjangan. “Selain ditutup, harus dilakukan pengetatan di pos pantau untuk masuk ke pegunungan,” lontarnya.

Kebakaran yang memerahkan hutan Gunung Semeru misalnya, ada sekitar 48 pendaki terisolasi. Untungnya, petugas melakukan evakuasi turun terhadap wisatawan pendaki dengan mengajak turun menuju Ranupane.

Sejak api melalap kawasan Watu Rejeng, Pos III, Pos IV, menyebabkan sekitar 10 hektare hutan terbakar dan sampai saat ini, si jago merah belum berhasil dipadamkan. Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan di Semeru, gunung tersebut sengaja disterilkan dari aktivitas bagi wisatawan pendakian.

Kebakaran terjadi diduga karena api unggun yang belum dimatikan dengan sempurna oleh pendaki. Karena itu, angin kencang membakar semak mengingat kondisi tanaman mengering karena musim kemarau.

Sementara di hutan Gunung Lawu Magetan sebanyak tujuh wisatawan pendaki ditemukan tewas mengenaskan dengan kondisi luka bakar serius, akibat terjebak si Jago Merah. (*/endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.