4-6 Jun 2015, Aceh Culinary Festival 2015

0
887
Aneka kuliner aceh

BANDA ACEH, test.test.bisniswisata.co.id: Provinsi Aceh melakukan berbagai inovasi demi memajukan pariwisatanya. Dalam serangkaian kalender pariwisata selama 2015, salah satu kegiatan yang patut disambangi adalah event Aceh Culinary Festival 2015. Acara ini akan berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh, pada 4-6 Juni 2015.

Festival kuliner menyajikan makanan khas dari seluruh daerah di Provinsi Aceh. Setidaknya makanan khas dari 23 kabupaten dan kota di Aceh, menjadi bagian dari perayaan dalam festival. Juga, gelaran Aceh Gelar Festival Kuliner 2015 disandingkan dengan Jambore PKK Provinsi Aceh. Setidaknya 400 peserta dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh berpartisipasi dalam acara ini.

Sebanyak 30 anjungan pameran kuliner disediakan. Bagi peminat bisa mendaftarkan diri ke panitia untuk diseleksi. Peminat dapat segera mendaftarkan diri dengan mengirimkan profil produk kuliner dan usaha melalui email ([email protected]) atau menghubungi panitia Aceh Culinary Festival 2015 (08126952261 atau 081370709161). Pendaftaran peserta dibuka mulai 12 – 22 Mei 2015.

Peserta yang menawarkan menu khas tradisional Aceh menjadi prioritas utama. Panitia pelaksana membuka kesempatan kepada pengusaha rumah makan dan kafe maupun restoran, penggiat industri makanan rumah tangga, komunitas kuliner berpartisipasi menjadi peserta festival tahunan tersebut.

Untuk memeriahkan acara akan ada sejumlah rangkaian kegiatan seperti lomba dan demonstrasi memasak, parade makanan khas Aceh, pertunjukan musik, serta kenduri khas Aceh

Aceh Culinary Festival 2015 akan terus digelar setiap tahunnya untuk mempromosikan dan melestarikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang popular di Indonesia. Aceh memiliki kekayaan kuliner khas dengan cita rasa yang berbeda sehingga perlu dilestarikan.

10 Kuliner Aceh yang sesuai selera Wisatawan

01. Ayam Tangkap

Ayam yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang hangat.

02. Mie Aceh
Mie yang dimasak dengan berbagai macam rempah yang menggugah selera makan. Biasa ditawarkan dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur.

03. Gule Plik U

Berbagai jenis sayuran segar yang dicampur dan dimasak dengan bumbu khusus. Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi.

04. Gule Kambing

Daging kambing yang empuk dimasak dengan potongan nangka muda. Memiliki rasa yang unik dan menggugah selera. Biasa disajikan dengan minuman timun serut (I Boh Timon).

05. Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)

Daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya ini memiliki rasa yang unik. Selain dagingnya yang empuk, rasa manis membuat makanan ini digemari anak-anak dan orang dewasa yang tidak menyukai masakan yang pedas dan asin.

06. Martabak Telur Aceh
Martabak ini terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit.

07. Roti Canai
Tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dimasak dengan menggunakan mentega. Kemudian disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat ataupun hanya gula pasir.

08. Ikan Kayu
Ikan kayu atau eungkot Keumamah, ini sudah terkenal sejak masa peperangan di Aceh. Ikan yang dikeringkan ini sangat nikmat bila dimasak dengan gulai Aceh.

09. Sate Matang
Sate yang terkenal karena dagingnya yang empuk, karinya yang lezat dan bumbu kacangnya yang gurih.

10. Bubur Kanji Rumbi

Bubur yang terbuat dari beras pulen, ditumbuk kasar yang direbus dengan campuran rempah-rempah seperti, ketumbar, lada, bawang merah, jahe, biji pala dan adas manis. Biasa disajikan dengan ayam, udang atau telur setengah matang di atasnya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.