36 Yacht dari 20 Negara Ramaikan Sail Karimata

0
716
Yacht

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sekitar 36 perahu pesiar atau yacht dari 20 negara resmi mendaftar untuk ikut memeriahkan Sail Selat Karimata 2016 di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Oktober 2016.

“Yacht yang resmi mendaftar itu sekitar 36, tapi kami harap sekitar 50 yacht akan datang lagi. Mereka sekarang sudah mulai masuk Ketapang, lalu bisa langsung ke Kayong,” ungkap Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/9)

Safri menuturkan Sail Selat Karimata 2016 bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di kawasan setempat melalui sektor pariwisata. Dalam gelaran kali ini, empat provinsi ikut ambil bagian sebagai penyelenggara rangkaian acara yakni Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.

Puncak acara yang rencananya dihadiri Presiden Jokowi akan digelar 15 Oktober 2016 di Pantai Datok, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat. “Karena acara ini bagian dari menumbuhkan wisatawan, fasilitas ke sana akan kami tingkatkan. Pasalnya saat ini saja minimal dari 20 negara akan hadir di acara puncak,” katanya.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan untuk para pelaut itu di antaranya kapal khusus menuju marina hingga sarana dan prasarana pendukung termasuk air bersih. Perbaikan jalan di wilayah Kayong Utara juga terus dikebut. Pemerintah menargetkan perbaikan jalan bisa rampung tiga hari sebelum puncak acara.

“Kayong Utara itu salah satu wilayah pemekaran Ketapang. Jadi baru 11 tahun pemekarannya sehingga fasilitas masih terbatas. Tapi memang Kayong ini yang paling siap dibanding wilayah lain,” katanya seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini, persiapan puncak kegiatan yang rencananya dihadiri Presiden Jokowi itu diakui Safri mencapai 90 persen. (*/A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.