32 Hotel di Bali dapat Sertifikat Siaga Bencana Tsunami

0
728
Hotel pingi pantai di Bali

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Sekitar 32 hotel di Bali kini mengantongi sertifikat penanggulangan bencana tsunami, yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali

“Resiko bencana tsunami sangat tinggi, terutama Hotel di kawasan pantai. Bangunan hotel yang memiliki ketahanan gempa, diharapkan menjadi tempat evakuasi sementara. Jadi kalau ada tsunami mau lari ke mana? ya masuk ke hotel itu solusi yang tepat,” kata Dewa Made Indra, Kepala BPBD Provinsi Bali di Denpasar, Senin (18/4)

Sertifikasi ini, lanjut dia, merupakan dokumen formal untuk menyatakan hotel itu memiliki kesiagaan yang baik terhadap bencana, seperti kondisi fisik bangunannya, pengetahuan tentang bencana baik manajemen hotel maupun karyawannya, kesiapsiagaan dalam upaya mitigasi, dan keamanan.

“Sehingga tamu hotel dan wisatawan tidak takut dengan Bali, yang memang kategori daerah rawan bencana. Dengan sertifikasi ini, wisatawan tetap merasa aman, nyaman serta waspada ketika berwisata,” harapnya seperti dilansir laman Kompas.com.

Diakuinya, Pulau Bali berpotensi rawan gempa, namun gempa kecil dan tidak berpotensi tsunami. Gempa yang terjadi di Bali, sebenarnnya gempa pengulangan. Sementara tsunami pernah terjadi ratusan tahun lalu.

Pulau Bali pernah mengalami gempa yang menelan korban jiwa terjadi tahun 1817, 1857 dan 1917 Namun, tidak semua berpotensi tsunami. Syarat-syarat tsunami antara lain, magnitudo harus diatas 7 skala ricther, ada patahan vertikal dan dangkal.

Pulau Bali terbagi tiga zona tingkat kerawanan. Zona 1 atau zona tinggi (Klungkung, Bangli dan Karangasem). Zona 2 (Tabanan, Jembrana dan Denpasar). Zona 3 (Badung dan Gianyar)

Hingga saat ini, baru memiliki 9 sirene sebagai tanda peringatan dini. Dan di tahun 2016, BPBD mengupayakan kepada pemerintah pusat sebanyak 10 buah sirene yang akan dibangun.
“Itu baru usulan, ya Indonesia sendiri baru memiliki 50 sirene yang dibangun di titik rawan, dari 1000 sirene yang dibutuhkan,” ungkapnya. (*/K)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.