31 Maret – 5 April 2016, Indonesia Creative Cities Conference Expo 2016

0
634

MALANG, test.test.bisniswisata.co.id: Kota Malang jadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang ke-2 pada 31 Maret -5 April 2016. Untuk mendukung kegiatan ini, digelar serangkaian kegiatan seperti Expo (1-5 April), HelloFest Malang Raya (3 April) dan Uklam-Uklam/City tour (3 April).

ICCC (Indonesia Creative City Conference) 2016 bertema “Menuju Kota Kreatif Indonesia Yang Berkelanjutan” (The road towards a sustainable creative cities of Indonesia) yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) bekerjasama dengan Indonesia Creative City Network (ICCN) dan Pemerintah Kota Malang.

ICCC merupakan konferensi kota kreatif yang digelar untuk menghubugkan Indonesia dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia. Pada 2012, UNESCO Creative City Network (UCCN) membuka kesempatan bagi kota kreatif di dunia untuk mengirimkan aplikasi agar bergabung dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia. Kemudian Kementerian Pariwisata meminta 5 kota kreatif yaitu Solo, Denpasar, Pekalongan, Yogyakarta dan Bandung untuk mengirimkan aplikasinya.

Setiap kota diajukan dengan keunggulannya masing-masing, seperti Pekalongan dengan kategori craft, Bandung dengan desain, Solo dengan desain, sementara Denpasar dan Yogyakarta dengan craftnya.

ICCC Expo 2016 fokus pada upaya Indonesia menyongsong diberlakukannya Masyarakat Bersama ASEAN (ASEAN Economic Community). ICCC Expo 2016 nantinya akan melibatkan negara-negara di luar negeri, yaitu beberapa sister city Kota Malang yang tersebar di Eropa maupun Asia, misalnya Jepang, Korea dan Thailand.

Di penghujung acara, putra daerah yang namanya sudah mendunia yaitu Wahyu Aditya, atau yang juga dikenal sebagai penggagas Hellofest, akan melibatkan acaranya untuk ICCC Expo 2016.

Dalam event ini akan ada pameran dan festival yang dibawakan oleh para aktor kreatif Indonesia yang menampilkan inovasi terkini serta beberapa komoditi kreatif untuk menuju Kota Kreatif Indonesia yang berkelanjutan.

Jadwal dan Rangkaian Kegiatan:
A. Conference pada 31 Maret – 1 April 2016 di Hotel Harris Malang

B. EXPO: pada 01 – 05 April 2016 di Halaman Luar Stadion Gajayana

C. FESTIVAL: Festival Film Malang, Lomba Fotografi, Pameran Lukisan, Pameran Wisata, Festival Kuliner, Fashion On The Street, Mural & Grafiti Festival dan Malang Creative Week. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.