31 Maret – 2 April 2016, Festival Pesona Cirebon 2016

0
1280
Tari Topeng Cirebon (Foto: http://intisari-online.com)

CIREBON, test.test.bisniswisata.co.id: Pariwisata Cirebon Jawa Barat kian bergeliat. Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar kegiatan seni budaya Cirebon ini untuk mendongkrak wisata budaya dan sejarah, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kegiatan itu bertema Festival Pesona Cirebon 2016, yang diselenggarakan di tiga tempat Pantai Cirebon Waterland, Keraton Kasepuhan Cirebon, dan Alun-Alun Keraton Kasepuhan Cirebon, pada 31 Maret hingga 2 April 2016. Acara tersebut akan berlangsung pukul 08.00 -24.00 WIB.

Festival yang digelar secara gratis, semula direncanakan dengan nama Festival Pesona Bahari Cirebon. Kemudian diganti dengan nama “Festival Pesona Cirebon” karena untuk memperkenalkan keseluruhan Cirebon ke masyarakat luas, bukan hanya potensi baharinya saja.

Festival Pesona Cirebon 2016 dimeriahkan beberapa kegiatan seperti pertunjukan seni Cirebon dan makanan khas Cirebon karena tema yang diangkat adalah Cirebon. Sekira 30 travel agent nasional, 34 Dinas Pariwisata se-Indonesia dan juga duta besar negara sehabat direncanakan hadir.

Juga, beragam kirab budaya Cirebon akan diselenggarakan. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti City Tour, akan disediakan mobil wisata agar pengunjung bisa menikmati indahnya Kota Cirebon baik alam maupun kulturnya. Pihak penyelenggara juga menggelar lomba fotografi yang bertema “Pesona Budaya dan Kebaharian Cirebon” untuk pelajar dan umum.

Pada 31 maret 2016 pukul 09.00-16.00 WIB akan ditampilkan gamelan renteng di Keraton Kasepuhan. Pukul 14.00 WIB ada seminar pariwisata di Waterland, sedangkan pada jam 19.00 WIB pagelaran seni di panggung budaya Sunyaragi.

Pada 1 April 2016 pukul 09.00 -16.00 WIB, ada penampilan renteng dan jaran lumping di Pesanggrahan Sunyaragi, seni hadaroh di Srimanganti Keraton Kasepuhan dan seni gembyung di Astana Gunungjati. Pukul 14.00 WIB lomba dayung, perahu hias dan ‘ngejala’ di Pantai Waterland setelah itu jam 19.00 WIB pagelaran kesenian di panggung budaya Sunyaragi.

Pada 2 April 2016 pukul 09.00 -16.00 WIB akan ditampilkan buroq dan sisingaan di Pesanggrahan Sunyaragi, seni gembyung di Astana Gunungjati dan aneka tarian Cirebon di Srimanganti.

Jika berkunjung ke Cirebon, ada banyak hal yang bisa lakukan di sini. Kemungkinan besar perjalanan satu hari untuk mejelajah daerah Cirebon tidak akan cukup. Jika pecinta wisata keraton ada 4 keraton yang bisa Anda kunjungi yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon. Semuanya memiliki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belanda.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon bila tidak berkunjung ke Taman Air Sunyaragi, atau menyicipi kuliner khasnya seperti empal gentong dan sega jamblang. Selain itu, ada tempat peninggalan bersejarah yang lain seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa, kelenteng kuno, dan Makam Sunan Gunung Jati.

Untuk menuju Cirebon setidaknya ada 200 perjalanan kereta yang melintasi kota tersebut. Lewat jalur darat dapat melalui Jalan Tol Cipali serta akses rel kereta doble track Jakarta-Cirebon, Yogyakarta-Cirebon dan Semarang-Cirebon. Sementara untuk keperluan penginapan, di Cirebon hotel meningkat sangat tajam. Dalam kurun dua tahun, hampir 200 hotel berdiri di sana dengan beragam pilihan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.