30 Juli 2016, Tour de Jakarta 2016

0
802
Tour de Jakarta (Foto: sportku.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Jakarta punya event sport tourism menarik. Event itu bertajuk Tour de Jakarta 2016. Lomba balap sepeda jalan raya internasional ini di sepanjang ruas Jalan MH. Thamrin dan Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, pada Sabtu (30/07/2016). Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dipastikan akan membuka secara resmi kegiatan sport tourism berskala internasional ini merupakan sarana promosi efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan awareness calon wisatawan terhadap potensi pariwisata DKI Jakarta.

Lomba balap sepeda yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Ikatan Penggiat Olahraga Sepeda Jakarta (IPSJ), diikuti 13 regu dalam negeri dan 6 regu luar negeri, terdiri Taiwan, Filipina, Laos, Malaysia, Indonesia, Singapora. Setiap regu terdiri 10 orang, yaitu 7 pembalap ditambah 3 official.

Dari 19 tim yang akan berpartisipasi terbaik atas 13 tim nasional dan enam tim kontinental. Untuk tim kontinental yang hadir diantaranya 7 Eleven Filipina, Action Cycling Team Taiwan, Terengganu Cycling Team serta Singha Infinite Cycling Team Singapura.

Tim asal Indonesia yang bersaing selain timnas adalah BRCC Banyuwangi, Custom Cycling Club, KFC Cycling Team, United Bike Kencana, PGN Road Cycling Club, Pelatda ISSI DKI Jakarta, SAKB Cycling Team dan Kukar Cycling Team.

Para pembalap memacu sepeda dengan kecepatan tinggi sebanyak 13 putaran atau setara dengan 175 kilometer. Lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 130 juta. Tour de Jakarta yang merupakan sport tourism ini menjadi ajang mencari tambahan kunjungan wisatawan mancanegara. Karenanya, setelah Tour de Singkarak, International Tour de Banyuwangi Ijen dan Tour de Flores, ibukota Jakarta pun menyelenggrakan kompetisi serupa.

Kegiatan ini akan diambil start dan finish di depan Gedung Bank Indonesia di jalan MH. Thamrin, dan dimulai pada 06.30 wib hingga 11. 00 wib. Rute start di depan gedung BI, Puratan Patung Arjuna Wijaya Monas, Jl. MH Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, dan finish di gedung BI. Para pembalap akan menempuh 13 putaran dengan total jarak tempuh sekitar 175,5 KM dengan kecepatan rata – rata sekitar 60 km/jam.

Untuk lomba balap sepeda ini akan menyajikan tiga kategori balapan, yaitu perorangan, beregu, dan intermediate sprint. Kejuaraan ini menggunakan aturan UCI. Untuk perorangan hadiah akan diberikan pada urutan nomor satu hingga 20. Untuk beregu diambil nomor satu hingga tiga. Ada juga juara khusus untuk pebalap Indonesia

One day race Tour de Jakarta merupakan kejuaraan balap sepeda internasional yang sudah digelar sejak 1994. Pelaksanaan kejuaraan yang diprakarsai oleh
IPSI tahun 2016 yang ke-12 kalinya, sebelumnya sempat vakum. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.