30 April – 1 May 2016, Bamboo Fiesta 2016

0
935

CIMAHI, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia Bamboo Community (IBC) menggandeng Pemerintah Kota Cimahi demi mewujudkan Kota Cimahi sebagai kota dengan bambu sebagai ikonnya. Untuk mewujudkan itu digelar acara Bamboo Fiesta 2016, yang digelar 30 April-1 Mei 2016. Kemeriahan Bamboo Fiesta akan dimeriahkan konser alat musik bambu dan budidaya pohon bambu dengan harapan event bertaraf internasional ini mampu mengangkat citra bambu sebagai kekayaan alam Indonesia.

Selama ini, bambu kerap diidentikan dengan kemiskinan, IBC berupaya megubah paradigma masyarakat dan memperkenalkan bambu sebagai pohon yang sangat bersejarah di Indonesia. Bamboo Fiesta 2016 ini akan memperlihatkan kreasi-kreasi bambu ke dalam berbagai karya yang tidak hanya memiliki sentuhan tradisional namun juga mampu berbaur menghasilkan sesuatu yang modern.

Kegiatan pra-event sendiri akan digelar sebulan sebelum acara puncak dengan beragam acara. Kegiatan ini juga akan melibatkan banyak pohon bambu sehingga Cimahi akan memiliki julukan “Cimahi Lautan Awi”. Sebanyak 10 instalasi berbahan bambu akan disebar di Kota Cimahi. Lokasi yang dipilih nantinya akan disulap menjadi venue-venue berbahan dasar bambu.

Bamboo Fiesta 2016 diwarnai pagelaran kesenian, workshop dan seminar tentang bambu, sekaligus memfasilitasi komunitas bambu yang ada di Indonesia. Kemeriahan event ini akan dibuktikan dengan kepiawaian para seniman yang menggelar konser dengan alat musik bambu.

Bamboo Fiesta 2016 menghadirkan peserta perwakilan dari beberapa provinsi, seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Banten, Jakarta, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan. Acara ini pun mengundang tamu-tamu dan komunitas bambu dari berbagai negara. Perwakilan dari negara asing yang dipastikan akan berpartisipasi adalah Vietnam, Jepang, Vietnam, Taiwan, dan Malaysia. Sedangkan yang masih diproses India dan Guatemala.

Kota Cimahi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat dengan penduduk yang majemuk. Ini membuat Cimahi tidak hanya berwarna pada kesehariannya namun juga pada keseniannya. Kebudayaan Sunda masih sangat kental di sini, sejak zaman kolonial Belanda hingga sekarang, Kota Cimahi kerap menggelar pertunjukan tari jaipongan, tari keurseus, sisingaan, angklung, tembang, rengkong, kecapi suling, jenaka sunda, karawitan, wawayangan, dan masih banyak lagi lainnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.