28 – 30 Oktober 2016, Festival Taman Hutan Raya

0
1407
Tahura Lampung (Foto: Radar Cirebon)

BANDAR LAMPUNG, bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Lampung akan menggelar Festival Taman Hutan Raya (Tahura), yang digelar di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kabupaten Pesawaran Lampung, pada 28 hingga 30 Oktober 2016. Festivasl Tahura tersebut diharapkan dapat menggenjot jumlah wisatawan ke Lampung. Juga untuk mengenalkan potensi Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman.

Dalam festival akan menampilkan keindahan hutam alam, bukit, gunung, dan pantai di sekeliling Tahura tersebut. Kehadiran festival ini, diharapkan dapat menggenjot jumlah wisatawan asing dan lokal ke Lampung.

Sebelumnya, di tempat tersebut, telah digelar Festival Durian. Kawasan Tahura juga dikenal sebagai hutan yang memproduksi buah durian, juga menjadi daya tarik wisatawan. Selain ituk, di hutan tersebut, dapat pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam dan pantainya, juga dapat menyalurkan hobi berpetualang di hutan.

Tahura Wan Abdul Rachman yang seluas 22 hektare akan menjadi bagian dari pengembangan wisata Teluk Lampung sebagai “Lampung Forest By the Bay.” Kawasan ini menjadi destinasi wisata favorit tahun 2017, sebagai kawasan pelestarian alam.

Hari biasa Tahura juga menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa berjalan-jalan menikmati suasana hutan dan berkunjung ke penangkaran rusa. Rusa yang ada di penangkaran berbagai jenis rusa timur dan semuanya dibiarkan hidup liar tanpa dikandangkan. Ada juga kelinci yang hidup bebas di area tersebut.

Selesai melihat rusa, jangan lewatkan pengalaman menyaksikan proses pembuatan kolang-kaling. Kolang-kaling memang jadi salah satu produk unggulan di kawasan tersebut mengingat jumlah pohonnya banyak dan tumbuh subur. Di rumah dekat Tahura, bisa melihat secara langsung proses pembuatan kolang-kaling, dari masih buah pohon aren sampai siap dinikmati dengan sirop dan es.

Untuk menikmati pemandangan Lampung dari ketinggian, pengunjung bisa menuju ke area rumah pohon. Dari atas rumah pohon, akan terlihat pemandangan hutan, Teluk Panjang, dan Gunung Betung. Lokasi ini mirip Kalibiru di Yogyakarta dan Bukit Bendera di Nagari Bayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.